Dunia Mahasiswa | Info Sentra Vidya Utama | Tips & Trik

 4 Tips Lancar Belajar Speaking Bahasa Inggris Untuk Pemula

SEVIMA.COM – Belajar bahasa memang tak bisa dilakukan secara instan. Namun, banyak langkah yang harus diperhatikan dalam mempelajari bahasa tersebut, mulai dari tata bahasa, proses pengucapan, hingga penulisan yang benar. 

Terlebih dalam belajar bahasa Inggris, kamu tak hanya belajar grammar saja, namun harus memahami articulation, intonations dan juga pronunciations dengan tepat. Perlu diketahui, bahwa tak semua orang bisa melakukan pengucapan dengan tepat. Ini disebabkan karena adanya pengaruh dari dialek dan juga aksen dari masing-masing daerah. 

Untuk memahaminya, tentunya kamu harus memilih sumber yang tepat untuk mempelajari cara pengucapan yang benar. Tentunya disertai dengan cara bacanya sesuai dengan standar International Phonetic Alphabet  atau biasa dikenal dengan IPA. Dengan menggunakan IPA inilah, kamu bisa memahami cara pengucapan dengan notasi yang tepat. 

Terlepas dari IPA, di dalam belajar berbicara bahasa Inggris, terdapat 4 hal yang wajib kamu kamu perhatikan, antara lain.

1. Memahami intonasi (Intonation)

Seperti yang disampaikan sejak awal, dalam membaca dan berbicara dengan bahasa Inggris tentunya membutuhkan intonasi yang tepat. Intonasi ini digunakan pada beberapa kata di dalam suatu kalimat. Tujuannya adalah agar kata-kata yang kamu ucapkan bisa dipahami oleh khalayak umum. 

Dapat dicontohkan, di dalam sebuah kalimat “ I saw her at the meeting.” Maka akan dilakukan penekanan pada beberapa suku kata (syllables) yang dirasa menjadi salah satu kunci dalam penyampaian kalimat tersebut. Yang pertama adalah saw dan penekanan kedua pada meet.

2. Mengetahui cara baca linking sounds

Beberapa frasa dalam Bahasa Inggris rupanya memiliki keterkaitan dalam pengucapannya. Sehingga saat mengucapkan kata yang membentuk frasa tersebut tidak perlu ada jarak. 

Pada frasa “Good Evening” atau dalam IPA biasa ditulis dengan /ɡʊd/ +  /ˈiːvnɪŋ/ → /ɡʊˈdiːvnɪŋ/ . Dalam pengucapan kamu bisa dilakukan dengan menggabungkan sound /d/ dengan sound /i/. Sehingga ketika didengar akan terdengar seperti satu kata, yaitu /ɡʊˈdiːvnɪŋ/.

3. Mengerti dropping consonants

Di dalam pengucapan Bahasa Inggris, ada beberapa konsonan yang biasanya lebur ketika diucapkan secara bersamaan.

Misalnya saja pada frasa “must be” atau dalam IPA bisa ditulis dengan  /mʌst/ + /bi/. Ketika diucapkan sound /t/ ini akan lebur, sehingga pengucapan menjadi  /mʌstbi/ tanpa harus diberi jeda. 

4. Bisa memahami the flap sound 

Satu hal yang sangat menarik, di dalam pengucapan Bahasa Inggris, sound /t/ atau /d/ akan diubah sesuai dengan bunyi terakhir. 

Bisa dilihat pada kata water → wa(t)er, bunyi (t) pada kata ini ketika diucapkan akan berubah menjadi wa(r)er

Untuk memahami pengucapan yang benar, maka kamu juga harus menggunakan sumber yang tepat. Salah satunya, kamu bisa menggunakan ELSA Speak dalam belajar Bahasa Inggris. ELSA speak dirancang dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) yang akan membantu kamu dalam meningkatkan dan menyempurnakan pengucapan bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah saat melakukan pengucapan di dalam bahasa Inggris.

Tidak seperti aplikasi lainnya yang hanya berfokus pada pembelajaran kosa kata dan tata bahasa saja, ELSA menggunakan teknologi speech recognition yang dapat membantu user untuk membantu meningkatkan dan menyempurnakan pengucapan bahasa Inggris mereka.

 Dengan ELSA speak inilah belajar bahasa Inggris akan jauh lebih menyenangkan. Kenapa bisa begitu? Yaps, tentunya karena ELSA bisa mendeteksi kesalahan pengucapan user dengan sangat akurat, mencapai 95%. Tak hanya itu saja lho, ELSA juga bisa memberikan advanced feedback untuk memperbaiki kesalahan pengucapan. Jadi, belajar bahasa Inggris bersama ELSA akan jauh lebih menyenangkan. 

Saat ini, pengguna ELSA sudah mencapai 7 juta lebih pengguna, yang tersebar lebih dari 101 negara. Saat ini ELSA juga sudah digunakan oleh 1.500 pelajar untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris. Dengan kualitas yang disediakan, ELSA memiliki rating yang cukup tinggi di layanan aplikasi, yaitu sebesar 4.5. 

ELSA memberikan manfaat yang luar biasa bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris. Nah, makanya kalau ingin belajar cepat dan tepat dalam berbahasa Inggris, langsung aja yuk gunakan ELSA

Bagikan artikel ini

Komentar