5 Alasan Kenapa Perguruan Tinggi Butuh Cloud Computing

Aplikasi OnlineFeaturedsiAkad Cloud
 

adminweb

 

18 Februari 2020

SEVIMA.COM – Perkembangan teknologi dan komunikasi pada abad 21 ini memang tidak bisa dipungkiri lagi kecanggihannya. Semua bidang pun kini sudah mulai memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut. Tak terkecuali di kalangan dunia pendidikan. Di dunia pendidikan pun sekarang ini sudah mulai menggunakan teknologi sebagai pelengkap untuk kebutuhan sehari-hari. Semua kebutuhan teknologi tersebut dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Dewasa ini, kecanggihan teknologi dan informasi dimanfaatkan untuk membuat suatu inovasi baru dalam hal penyimpanan data. Memang menjadi suatu kewajiban dalam perguruan tinggi, bahwa semua penyimpanan data harus dilakukan dengan cara yang benar. Karena menyangkut kebutuhan dan kepentingan orang banyak. Bila perguruan tinggi anda menggunakan sistem penyimpanan cloud computing, maka anda akan dengan mudah menemukan dampak positif berikut.

1. Memiliki dampak yang besar untuk perkembangan kampus

Dalam perguruan tinggi, biasanya memiliki berbagai macam komponen data yang akan digunakan untuk proses peningkatan mutu dari kampus. Seperti data alumni, prestasi mahasiswa, prestasi dosen, sistem pendataan keuangan dan sistem pendataan untuk kegiatan akademik. Data-data yang terkumpul tersebut akan dikumpulkan secara sistematis dan nanti akan diolah dengan mudah sesuai kebutuhan kampus.

Bila sebuah kampus tidak bisa melakukan administrasi data dengan baik, maka kegiatan lain pun akan terhambat. Hal itu tidak akan terjadi apabila kampus anda menggunakan sistem cloud computing. Semua data yang anda simpan akan terorganisir dengan baik dan tentunya dengan kapasitas penyimpanan lebih besar. Sehingga, proses peningkatan mutu di kampus anda pun akan ikut meningkat.

2. Kebutuhan Kampus Sangat Banyak dan Kompleks

Kebutuhan kampus dalam sistem penyimpanan memang sangat dan perlu untuk diperhatikan. Banyak data yang harus disimpan harus memiliki kapasitas storage yang sangat besar. Terlebih, semua sistem yang ada di kampus juga membutuhkan penyimpanan data yang aman dan kompleks. seperti KRS Online, KHS Online, pembayaran UKT, hingga kebutuhan administrasi kampus lainnya.

Nah, dengan menggunakan Cloud Computing ini, semua sistem tersebut akan tersimpan rapi dengan kapasitas yang cukup besar. Ditambah lagi, anda juga akan merasakan kemudahan dalam mengakses data tersebut. Sehingga, semua data yang kampus anda miliki akan terpantau dengan baik.

3. Kemudahan pada sistem pelayanan

Namanya juga sudah berbasis modern, penggunaan cloud computing ini dapat diakses dengan sangat mudah dan cepat. Melalui jaringan internet, semua data yang tersimpan bisa diakses dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Anda akan mendapatkan kemudahan saat anda ingin melakukan pengolahan data yang anda inginkan.

Disamping sistem pengelolaan yang baik, anda juga akan mendapatkan kemudahaan untuk memantau data-data yang sudah anda simpan di sistem cloud computing ini. Sangat menarik untuk diterapkan kan?

4. Memangkas Anggaran Operasional Kampus

Biasanya, ketika kampus anda menggunakan penyimpanan dengan server konvensional, kampus anda pasti akan mengeluarkan banyak biaya untuk operasional ini. Namun, hal tersebut tidak anda temukan apabila anda sudah beralih dengan sistem cloud computing.

Disamping memiliki kemudahan dalam mengakses, pada sistem cloud computing ini juga sangat hemat untuk perguruan tinggi anda. Anda tidak lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk perawatan pada sistem ini. Karena berbasis virtual, anda akan lebih mudah melakukan perawatan data melalui sistem cloud computing ini. Jadi, biaya yang biasa anda anggarkan untuk perawatan server pun, secara otomatis akan terpangkas apabila anda menggunakan cloud computing.

5. Keamanan Data yang Disimpan akan Terjamin

Karena dilengkapi dengan kemudahan dalam mengakses dan berupa data virtual, pastinya keamanan yang disediakan pun juga terjamin. Data yang kampus anda simpan pasti akan aman dan tersimpan dengan baik di dalam sistem cloud computing.

Sistem ini dilengkapi dengan keamanan data yang hanya bisa diakses oleh sang empunya saja. Dengan menggunakan user name dan password yang hanya bisa diketahui oleh pemilik data tersebut. Sehingga dapat dipastikan kalau data tersebut pasti memiliki keamanan ekstra.

Dengan menggunakan cloud computing ini, anda dijamin tidak lagi menemukan kesulitan cara untuk mengakses. Terlebih keamanan yang disediakan pun juga sangat terjamin. Nah, itulah mengapa anda harus beralih ke sistem cloud computing ini. Apakah Anda pernah membayangkan kalau ada Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dalam cloud computing, pasti lebih simply dan overpower kan, Anda bisa cek siakadcloud.com

Download WordPress Themes FreeDownload WordPress Themes FreeDownload Premium WordPress Themes […]

Komentar :