Dunia Dosen | Dunia Kampus

5 Hal Positif yang Bisa Kamu Dapat Saat Melakukan Penelitian

SEVIMA.COM – Melakukan penelitian tidak harus dilakukan oleh dosen saja, tapi juga bisa dilakukan oleh mahasiswa. Setiap melakukan penelitian tersebut, pastinya akan membentuk pribadi mahasiswa menjadi pribadi yang lebih berpengalaman dan kompeten. Selain itu, bentuk penelitian yang dilakukan ini juga menjadi suatu upaya untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu di bidang penelitian dan pengembangan.

Jika kamu ingin menantang dirimu, coba deh kamu ikut suatu penelitian biar kamu mendapat pengalaman yang terbaik. Nah, berikut adalah 5 hal positif yang bisa kamu dapat selama melakukan penelitian.

1. Mendapatkan ilmu yang tak ternilai

Mendapatkan ilmu tidak hanya di dapatkan di dalam kelas, namun pasti akan banyak hal yang akan kamu dapat jika kamu melakukan penelitian. Semua hal bisa kamu pelajari dan rasakan sendiri bagaimana mengimplementasikan ilmu yang sudah kamu dapat.

Sehingga ilmu yang kamu dapat tersebut akan terus berkembang dan up to date. Selain itu ilmu yang didapat dari suatu penelitian di lapangan tentunya sangat priceless.

Baca juga: SEVIMA EdLink: Metode Baru Menjalankan Perkuliahan

2. Melatih daya tahan diri di lingkungan baru

Setiap penelitian tentunya dilakukan di luar kelas, pasti akan banyak hal yang akan kamu petik saat melakukan penelitian tersebut. Suasana dan lingkungan baru pasti akan membuatmu harus bisa menyesuaikan diri untuk survive hingga penelitian tersebut bisa dikatakan tuntas.

Jadi, di dalam proses penelitian ini tentunya kamu akan merasakan suasana baru di luar lingkungan kelas dan zona nyamanmu. Hal ini bisa berdampak positif buat kamu, lho. Kamu akan terbiasa dengan lingkungan dan tekanan yang kamu dapatkan saat di lingkungan kerja.

3. Mendapatkan pengalaman dari segi akademik maupun non akademik

Saat menjadi mahasiswa, kamu harus bisa melakukan sesuatu yang bisa meningkatkan kemampuanmu baik dari segi akademik maupun non akademik. Nah, dengan melakukan penelitian ini kamu akan mendapatkan manfaat keduanya.

Disini kamu akan lebih bisa menjadi sosok yang bertanggung jawab dan tahan banting atas penelitian yang kamu lakukan. Selain itu kamu juga bisa menerapkan ilmu yang sudah kamu dapat di dalam kelas. Sangat menarik bukan?

4. Mendapatkan relasi

Dalam melakukan penelitian, pastinya kamu akan bertemu dengan berbagai pihak dan relasi baru. Inilah saatnya kamu bisa mendapatkan relasi baru dan tentunya akan memperluas jaringanmu. Relasi ini sangat penting banget buat kamu, lho. Selain untuk sarana sosialisasi dan proses men-upgrade diri, tapi juga sangat bermanfaat bagi masa depanmu. Semakin banyak relasi yang kamu dapat, semakin banyak pula pengalaman dan benefit yang kamu dapat.

5. Mengembangkan materi yang di dapat di kelas

Mengembangkan materi di kelas untuk praktek adalah salah satu hal yang paling menarik dalam melakukan penelitian. Kamu pasti akan mendapatkan sesuatu yang tak ternilai saat penerapan ilmu tersebut di lapangan. Selain itu, kamu akan merasakan perbedaan dan sesansi tersendiri saat mempraktikkan ilmu sudah kamu ampu di dalam kelas.

Tidak hanya itu, hasil yang kamu dapat dari penelitian pun pastinya sangat mendukung untuk mengembangkan materi yang telah diajarkan oleh dosen.

Itulah lima manfaat yang bisa kamu petik saat melakukan penelitian. Benar-benar sangat bermanfaat untuk masa depan kamu deh. So, apakah kamu berani mencobanya?

Bagikan artikel ini

Komentar