5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Biar Gak Salah Pilih Peminatan Studi

Dunia KampusTips & Trik
 

adminweb

 

23 Januari 2020

SEVIMA.COM – Pernah gak sih kamu bingung saat memasuki semester dimana kamu harus memilih peminatan studi? Memilih konsentrasi/peminatan studi tidaklah semudah membalikkan tangan, perlu pertimbangan khusus dan pemikiran matang untuk memilihnya. Terkadang masih banyak yang suka bingung atau justru asal-asalan saat memilih. Wah, hal seperti itu perlu kamu hindari ya! Kamu harus selektif sebelum memasukinya.  Memilih peminatan studi tentunya sangat bermanfaat untuk kepentingan masa depanmu, lho. Seperti halnya saat proses pengerjaan skripsi, tugas akhir atau bahkan bisa jadi penentu karir impianmu.

Peminatan studi ini normalnya diadakan ketika saat memasuki semester 5 atau 6. Biasanya, setiap program studi menyediakan beberapa peminatan studi yang akan diampu oleh mahasiswa. Dari berbagai macam peminatan studi tersebut, setiap mahasiswa diperkenankan untuk memilih satu peminatan studi dan dipilih langsung oleh yang bersangkutan. Kalau sampai kamu salah pilih, bisa jadi akan berimbas pada masa studimu. So, biar kamu gak salah pilih, yuk coba lakukan tips berikut ini.

1. Kenali potensi di dalam dirimu

Ketika kamu sudah menjajaki dunia perkuliahan, setidaknya kamu harus mengetahui seluk beluk tentang program studimu tersebut. Cari tahu mengenai detail informasi terkait dan cobalah untuk mengenali potensi yang kamu miliki. Setelah mengetahuinya, coba proyeksikan potensi dan bakatmu ke peminatan studi yang ada. Nah, setelah itu tanyakan pada dirimu sendiri, peminatan studi apa sih yang bisa menunjang potensi tersebut?

2. Cari tahu seluk beluk peminatan yang akan dipilih

Sebelum menentukan peminatan dalam program studi, sebaiknya carilah seluk beluk dari peminatan studi yang akan kamu ambil. Biasanya sebelum menuju ke peminatan studi, mahasiswa akan dikenalkan melalui mata kuliah dasar peminatan tersebut. Dari sinilah, kamu bisa mempertimbangkan apakah peminatan tersebut bisa kamu jadikan pilihan atau tidak.

3. Konsultasi dengan yang lebih berpengalaman

Memang sudah menjadi tradisi, ketika seseorang ingin melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan hendaknya bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman. Begitu pula ketika kamu ingin memilih peminatan studi yang ada pada program studimu. Coba lakukan pendekatan kepada kakak tingkat atau bisa juga kepada dosen yang kiranya akan membantu memberikan masukan penting mengenai peminatan yang akan kamu pilih. Jangan lupa pertimbangkan dengan baik dengan potensi yang sudah kamu miliki ya.

4. Berpikir visioner

Jika kamu sudah mantap menentukan pilihan peminatan studi, cobalah berpikir ke depan secara visioner. Apakah peminatan pilihanmu tersebut bisa menunjang karirmu di masa yang akan datang? Usahakan apa yang akan kamu lakukan memiliki benang merah dengan karir impianmu. Sebagai contoh, bila kamu adalah seorang mahasiswa Psikologi dan kamu berencana untuk menjadi seorang psikolog, kamu bisa memilih peminatan psikologi klinis untuk peminatan studimu. Sehingga pilihanmu tersebut bisa kamu jadikan bekal untuk karir masa depanmu.

5. Pahami segala konsekuensi bila telah memilih

Suatu pilihan, pastinya punya konsekuensi masing-masing yang harus kamu tanggung. Seperti halnya saat kamu sudah mantap untuk memilih peminatan studi yang akan kamu tempuh. Kamu harus berani menerima segala resiko yang akan kamu terima, seperti ketentuan peminatan yang mewajibkan untuk melakukan praktik lapangan, magang, ataupun tugas akhir yang berbeda dengan peminatan lain. Kamu harus siap ya!

Nah, berdasarkan ulasan mengenai tips pemilihan peminatan studi tersebut, semoga dapat membantumu agar lebih mantap dalam memilih peminatan studi. Percayalah, ketika kamu memikirkannya dengan matang, dijamin kamu akan lebih siap menerima segala resiko yang ada. Untuk memudahkan proses perkuliahanmu, kamu bisa gunakan aplikasi SEVIMA EdLinkGood luck guys! 

Download WordPress Themes FreeDownload Best WordPress Themes Free DownloadPremium WordPress […]

Berita dari CampusPedia :


Komentar :