Berita | Featured | Teknologi

5 Infrastruktur yang Harus Disiapkan Untuk Digitalisasi Perguruan Tinggi

SEVIMA.COM – Sadar atau tidak, saat ini teknologi menjadi kunci bagi manusia untuk tetap mempertahankan aktivitas kehidupan maupun bisnis selama masa pandemi COVID-19.

Digitalisasi bermanfaat bagi pelaku bisnis dalam mempertahankan keberlangsungan kegiatan bisnis. Pelaku bisnis juga harus menyesuaikan perkembangan teknologi untuk memahami dan memenuhi perubahan kebutuhan konsumen, termasuk juga perguruan tinggi.

Digitalisasi perguruan tinggi juga akan memudahkan civitas kampus dalam berbagai hal. Untuk itu sudah seharusnya perguruan tinggi anda melakukan digitalisasi kampus untuk meningkatkan efisiensi dan juga menunjang mutu kampus.

Namun, digitalisasi pendidikan atau perguruan tinggi memerlukan dukungan infrastruktur yang memadai agar bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan. Pertanyaannya, sebetulnya apa yang harus disiapkan lembaga pendidikan atau perguruan tinggi? Sebagai berikut:

1. Platform e-Learning

Salah satu infrastruktur yang harus disiapkan dengan baik oleh lembaga pendidikan adalah platform e-learning. Sebab, dalam pendidikan digital, layanan pembelajaran harus bisa diakses selama 24 jam.

Dengan e-learning, pembelajaran akan menjadi lebih efektif dari sisi waktu dan biaya. Mahasiswa yang sedang mengerjakan project, baik dari perguruan tinggi atau lembaga lain pun tidak perlu takut gagal karena jarang mengikuti kelas.

Baca juga : Digitalisasi Kegiatan Belajar Mengajar dengan SEVIMA EdLink

2. Sistem akademik kampus

Digitalisasi yang tidak kalah penting dari lainnya adalah digitalisasi sistem akademik kampus atau yang sering kita kenal dengan SIAKAD. Dengan adanya Siakad ini, kampus dapat memudahkan pengelolaan data akademik dan non akademik.

Dengan Siakad juga membantu perguruan tinggi dalam melaporkan data akademiknya ke pemerintah (PDDIKTI), dan juga sebagai big data untuk mengambil keputusan perkembangan kampus.

Infrastruktur ini sangat berkaitan dengan sistem manajemen kampus dan transparansi kegiatan harian. Lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi memerlukan sistem yang dapat menyederhanakan kompleksitas informasi.

Apabila sistem informasi kampus ini dibangun dengan cukup sempurna, maka lembaga pendidikan akan jauh lebih mudah dalam pengambilan arah kebijakan manajemen. Tentunya dengan analisis yang lebih baik pula.

Baca juga: Manfaat Sistem Informasi Akademik Bagi Perguruan Tinggi & Mahasiswa

3. Kurikulum Berbasis Digital

Semua sistem dan infrastruktur yang dibangun untuk program digitalisasi pendidikan tidak akan berjalan, apabila kurikulum pendidikannya tidak ikut berkembang.

Pemerintah juga telah menyarankan agar kurikulum pendidikan yang berbasis STEAM atau science, technology, engineering, art, dan juga mathematics. Inilah lima aspek kurikulum baru yang wajib diajarkan serta diterapkan di pendidikan.

Lembaga pendidikan wajib mewujudkan rumusan kurikulum tersebut di dalam metode pembelajaran yang lebih nyata. Implikasinya adalah dosen wajib mempelajari ilmu dan keahlian baru.

4. Artificial Intelligence dan Machine Learning

Artificial intelligence atau AI saat ini telah masuk kedalam sebagian hidup kita., contohnya sistem machine learning dari aplikasi pencarian situs web di internet (Google, Yahoo, Bing, dll).

Untuk bisa memahami pasar dan teknologi di masa depan, perguruan tinggi wajib memberikan pembelajaran mengenai AI dan machine learning, walaupun hanya dasar dari sistemnya.

5. Perangkat Digital

Semua sistem dan teknologi dalam digitalisasi pendidikan adalah sebuah keharusan. Sebab, lembaga pendidikan harus bisa menyediakan perangkat yang kompatibel dengan sistem tersebut.

Untuk langkah yang lebih besar, lembaga pendidikan mungkin harus bisa membangun data center-nya sendiri untuk alasan keamanan data dan privasi dari para mahasiswa.

Sulit, itulah kata yang cukup tepat dan sederhana untuk mendefinisikan dari memulai digitalisasi perguruan tinggi. Namun, suka atau tidak, lembaga pendidikan harus memulainya, walaupun secara bertahap.

Oleh karena itu, SEVIMA telah merancang roadmap digitalisasi perguruan tinggi dengan plan terbaik dan mudah untuk diimplementasikan perguruan tinggi serta biaya yang terjangkau. Perguruan tinggi Anda bisa memulai digitalisasi kampus dengan siAkad Cloud

Bagikan artikel ini

Komentar