Dunia Akademik | Teknologi

Digitalisasi Kegiatan Belajar Mengajar dengan SEVIMA EdLink

SEVIMA.COM – Hampir sebagian besar kegiatan manusia saat ini dilakukan dengan bantuan teknologi digital, mulai dari kegiatan komunikasi, transaksi jual beli, perbankan, media massa hingga pembayaran. Bahkan bukannya tidak mungkin jika segala aspek kehidupan manusia nantinya akan sepenuhnya terdigitalisasi.

Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 ini, era digital bergerak sangat cepat dari sebelumnya. Dulu kita masih memikirkan dan menimbang pembelajaran secara online itu apakah bisa digunakna secara optimal atau tidak. Namun sekarang sudah tidak bisa memilih lagi, pembelajaran harus segera dilakukan.

Apa Itu Transformasi Digital di Perguruan Tinggi?

Transformasi sendiri adalah proses perubahan terstruktur yang direncanakan untuk mencapai tujuan mulia. Transformasi digital di perguruan tinggi mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk secara cepat mengubah cara institusi beroperasi dan melayani mahasiswa, dosen, pegawai, industri, orangtua, dan pemerintah.

Dilansir dari lama Kemdikbud.go.id, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam, menuturkan bahwa transformasi pendidikan secara digital sudah dilakukan sejak 20 tahun silam. Namun, progressnya terbilang sangat lamban sebab sebagian besar perguruan tinggi masih belum menyadari pentingnya penggunaan teknologi digital dalam kurikulum.

Menurut Nizam, pandemi yang tengah melanda ini kian mempercepat transformasi tersebut dimana perguruan tinggi dituntut untuk mengadopsi metode pembelajaran daring. Selain itu, Nizam mengungkapkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) juga mempercepat transformasi digital melalui program Kampus Merdeka.

Baca juga: Apa Itu Merdeka Belajar Kampus Merdeka?

Jadi, secara umum, transformasi digital di perguruan tinggi adalah untuk menghasilkan layanan terbaik dan mudah bagi mahasiswa serta mitra kerja. Transformasi digital harus segera dilakukan karena teknologi semakin memanjakan mahasiswa dengan student experience yang mudah digunakan serta serba cepat.

Nah dengan adanya pandemi Covid-19, mengharuskan semua institusi termasuk perguruan tinggi untuk mempersiapkan diri dan berinovasi agar semakin kompetitif melalui transformasi digital. Lalu, apa langkah yang harus dilakukan perguruan tinggi untuk mempercepat transformasi digital ini? berikut yang bisa dilakukan.

Tips Untuk Memulai Percepatan Transformasi Digital di Perguruan Tinggi

Sebelum kita melakukan aksi nyata dalam melakukan percepatan transformasi di kampus, anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar transformasi pendidikan di kampus Anda berjalan dengan baik.

1. Membekali Civitas Kampus dengan Keterampilan Digital

Kunci untuk menyediakan lingkungan digital yang tepat adalah anggota staf yang terlatih dan terlibat penuh dalam merancang dan memberikan pemahaman penggunaan teknologi pada dosen dan mahasiswa. Untuk itulah pentingnya perguruan tinggi bekerja sama dengan konsultan IT yang siap mengantarkan perguruan tinggi untuk berbasis digital

Kita semua tahu, mengelola birokrasi kampus tentu bukan pekerjaan mudah. Namun, beranjak menggunakan digital adalah keharusan agar perguruan tinggi tetap bertahan di era digital ini.

Baca juga : EdLink Permudah Dosen Pantau Mahasiswa di Perkuliahan Online

2. Kerjasama Semua Civitas Kampus

Selain melatih staf, mengubah universitas berbasis digital yang berjalan lancar adalah tugas besar. Dibutuhkan pendekatan organisasi holistik, yang melibatkan kolaborasi antara mahasiswa, tim kurikulum, manajemen, rektor maupun senat kampus.

Untuk digitalisasi pembelajaran, perguruan tinggi butuh platform yang bagus dan stabil untuk melakukan pembelajaran digital, seperti halnya LMS, harus bisa diandalkan. Salah satu LMS yang sering digunakan perguruan tinggi di Indonesia adalah SEVIMA EdLink.

SEVIMA EdLink adalah software Learning Management System (LMS) yang dapat digunakan perguruan tinggi untuk mengelola manajemen perkuliahan online (daring) secara teratur dan efisien. Terdapat berbagai fitur bermanfaat yang sangat user friendly untuk digunakan dosen, mahasiswa dan juga pihak manajemen kampus guna menunjang kelancaran pelaksanaan pendidikan jarak jauh (PJJ).

Beberapa fitur utama SEVIMA EdLink sebagai berikut:

1. Kelas kuliah (Kelas Kuliah, Tugas, Forum Diskusi, Ujian)
2. Report Check: Cek nilai KRS, KHS, Transkrip, Nilai Tanpa ribet
3. Schedule Reminder: Notifikasi jadwal perkuliahan
4. Mengerjakan tugas dan unggah file sebagai pendukung jawabanmu
5. Manajemen mata kuliah
6. Presensi
7. Pengumuman
8. Konfigurasi
9. Integrasi dengan SIAKAD
10. Kelas online course untuk ningkatin skill
11. Import soal kuis secara mudah dan jadwalkan tanggal bagikan kuis
12. Rekap semua aktivitas pembelajaran
13. Video conference
14. dan masih banyak lagi

Baca juga: 7 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Dosen di SEVIMA EdLink

Bukan hanya itu, SEVIMA EdLink juga sudah mempunyai tampilan atau versi web dan aplikasi Android dan IOS. Dan Edlink versi web ini sudah bisa akses login dengan akun dosen dan mahasiswa. Rekan-rekan bisa akses di: edlink.id

Aplikasi SEVIMA EdLink memang diperuntukkan untuk perguruan tinggi guna membantu pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik dan mudah dengan mengandalkan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Aplikasi ini sangat cocok digunakan dosen dan pastinya akan lebih terlihat profesional. SEVIMA EdLink siap menjadi solusi platform Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di perguruan tinggi Anda.

Bagikan artikel ini

Komentar