5 Manfaat Cloud Computing yang Bikin Beda dari Server Konvensional

Aplikasi OnlineFeaturedsiAkad Cloud
 

adminweb

 

13 Februari 2020

SEVIMA.COM – Memanfaatkan kegunaan internet memang sudah menjadi suatu keharusan di era sekarang ini. Di dalam kalangan masyarakat pun sudah mulai memanfaatkan keberadaan internet untuk aktifitas kegiatan mereka, utamanya dalam menjalankan social media, email, dan menyimpan berbagai dokumen pribadi.

Sementara itu, di dalam pemanfaatan teknologi ini hadir sebuah cloud computing yang merupakan suatu gabungan dari pemanfaatan teknologi komputer dengan jaringan yang berbasis internet. Dalam dunia kampus pun, cloud computing ini juga sangat dibutuhkan untuk kegiatan akademik. Nah, untuk mengetahui manfaatnya lebih detail, yuk simak 5 ulasan berikut.

1. Pusat semua penyimpanan data

Biasanya, data yang disimpan dalam sistem di suatu perguruan tinggi pasti memerlukan storage yang cukup besar dan kompleks. Dengan menggunakan Cloud Computing, anda akan dimudahkan dengan melakukan penyimpanan data yang terpusat dalam satu server. Sistem penyimpanannya pun akan ditata rapi di dalam sistem penyimpanan Cloud Computing itu sendiri. Sehingga, semua data yang akan disimpan itu berbentuk virtual dengan memanfaatkan jaringan berbasis internet.

2. Keamanan Terjamin

Karena semua data disimpan secara terpusat, maka sistem keamanannya pun dapat dipastikan akan terkontrol lebih baik. Dalam penyediaan server penyimpanan data tersebut, sistem Cloud Computing ini juga dilengkapi dengan jaminan platform, jaminan data pribadi, dan jaminan terkait lainnya. Data akademik yang di dalamnya pun akan terjamin keamanannya.

3. Mudah dan fleksibel saat dioperasikan

Tidak hanya keamanannya saja yang terjamin, dengan menggunakan Cloud Computing anda akan merasakan kemudahan dalam mengakses data. Selagi user anda terkoneksi dengan jaringan internet, dapat dipastikan anda dapat membuka dan mengakses data tersebut dimanapun dan kapanpun.

Terlebih lagi penyimpanan yang berbentuk virtual, juga dapat memudahkan penggunanya dalam kegiatan sehari-hari. Pengguna tidak harus membawa hardware untuk membuka semua file atau data yang diinginkan.

4. Hemat biaya

Karena hanya menggunakan penyimpanan yang berbentuk virtual, maka anda juga dapat menghemat biaya. Anda tidak lagi diharuskan membeli perangkat keras dan mengeluarkan biaya perawatan untuk merawat penyimpanan data anda tersebut. Biaya perawatan yang biasa kampus anda keluarkan untuk server konvensional pun tidak akan anda keluarkan lagi apabila memakai sistem ini.

5. Kapasitas penyimpanan lebih besar

Disamping tidak membutuhkan perangkat keras untuk menyimpan data, sistem Cloud Computing ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Terlebih kebutuhan penyimpanan data dalam sistem akademik yang banyak, pasti akan dimudahkan dengan menggunakan Cloud Computing ini.

5 kelebihan dalam sistem kerja Cloud Computing ini pasti bisa anda rasakan jika kampus anda mulai beralih ke sistem penyimpanan ini. Apakah Anda pernah membayangkan kalau ada Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dalam cloud computing, pasti lebih simply dan overpower kan, Anda bisa cek siakadcloud.com

Bagikan artikel ini
Download Nulled WordPress ThemesDownload Nulled WordPress ThemesDownload Best WordPress Themes […] Download Premium WordPress Themes FreeDownload WordPress ThemesDownload WordPress ThemesDownload Nulled […]

Komentar :