Agar Tidak Menyesal, Ini 5 Pertimbangan Penting Untuk Memilih Jurusan

Dunia KampusTips & Trik
 

adminweb

 

26 November 2019

SEVIMA.COM – Siapa diantara kalian yang selepas SMA berencana untuk kuliah? angkat tangan. Nah tulisan ini untuk kamu yang saat ini duduk di kelas 3 atau kelas XII SMA atau SMK, pasti saat ini kamu sedang gundah, galau dan campur-campur untuk memilih universitas sesuai dengan minat bakat anda ataupun kampus idaman.

Oh iya berarti kamu sudah dewasa ya. Jadi kamu harus bisa menentukan pilihanmu sendiri. Ets tenang, untuk membantu kamu agar tidak menyesal, Ini 5 pertimbangan penting yang harus kamu ketahui agar segera mendapatkan kampus idamanmu dan tidak menyesal karena salah memilih jurusan.

1. Tentukan jurusan sesuai passionmu

Yang harus kamu perhatikan pertama kali sebelum kamu memilih kampus idaman adalah harus menentukan jurusan yang sesuai dengan minat bakat kamu, jangan sampai nanti ketika kamu masuk ke kampus atau perguruan tinggi, kamu merasa salah pilih jurusan. Jika kamu belum tahu jurusan apa yang akan kamu pilih, kamu bisa konsultasikan dengan guru BK di sekolahmu atau bisa browsing-browsing di Internet.

2. Cita-cita yang ingin kamu capai

Selain passion, ada hal yang harus kamu pertimbangkan matang-matang yaitu cita-cita kamu. Kenapa cita-cita? karena cita-citalah yang aka memotivasi kamu untuk lebih berkembang dan semangat untuk belajar atau kuliah di jurusan yang akan kamu pilih.

3. Akreditasi jurusan

Selain passion dan cita-cita, kamu juga wajib banget untuk mengatahui akreditasi jurusan yang akan kamu pilih, setidaknya jurusanmu itu mempunyai akreditasi B agar memudahkan kamu dalam melamar pekerjaan atau pun daftar CPNS.

4. Kualitas dosen pengajar

Setelah cari tahu akreditasi program studi, kamu juga bisa cari tahu dosen-dosen yang akan mengajar kamu. Kamu bisa cek di website resmi jurusan di kampus yang ingin kamu tuju. Bisa kepoin juga, lulusan dari mana aja dosen yang akan mengajar kamu.

5. Prospek kerja lulusan jurusan

Terakhir, kamu juga harus mempertimbangkan lagi prospek kerja ke depan dari jurusan yang akan kamu pilih. Pikirkan, apakah jurusan yang dipilih bisa memberikan keuntungan ke masa depan. Sekali lagi, jangan lupa juga untuk memastikan jurusan yang kamu pilih sudah terakreditasi dengan baik karena hal ini akan membantumu di dunia kerja nantinya.

Yaps, itulah 5 hal yang bisa kamu pertimbangkan agar tidak menyesal dikemudian hari. Jadi, sekarang kamu jangan sampai salah pilih jurusan, ya.

Download Premium WordPress Themes FreeDownload WordPress ThemesPremium WordPress Themes DownloadDownload Best WordPress Themes Free Downloadudemy free downloaddownload samsung firmwareDownload WordPress Themeslynda course free download

Komentar :