5 Tips KRS-an Anti Gagal Biar Rencana Studimu Gak Berantakan

Dunia KampusInfo KuliahTips & Trik
 

adminweb

 

24 Januari 2020

SEVIMA.COM – Pernah gak sih kamu merasa kurang maksimal saat melakukan KRS tiap semester? Rasanya seperti masih ada yang kurang bahkan kamu melakukannya dengan tergesa-gesa tanpa persiapan yang matang. Bisa dibilang KRS merupakan salah satu hal paling krusial ketika seorang mahasiswa tengah melakukan rencana belajarnya. Saat melakukan sistem KRS ini, mahasiswa diwajibkan untuk mengambil jatah berapa Sistem Kredit Semester (SKS) yang harus ditempuh di semester depan. Biasanya jatah SKS akan ditentukan berdasarkan jumlah IPK atau IPS yang didapat dari semester sebelumnya.

Permasalahan dari sistem KRS ini adalah tingkat fleksibilitas dan pencatatan mata kuliah yang sudah ditempuh dan yang akan ditempuh oleh setiap mahasiswa. Nah, kalian pasti suka bingung kan bagaimana cara melakukan KRS setiap semester dengan benar atau bahkan ketinggalan jadwal untuk melakukan KRS. So, disini ada 5 tips jitu yang bisa kamu terapkan saat menghadapi KRS.

1. Perhatikan jumlah SKS yang akan diambil

Umumnya, dalam suatu program studi diwajibkan untuk mengambil minimal SKS sebanyak 144. Tentunya banyak sekali dari para mahasiswa yang suka lupa dengan jumlah SKS yang sudah diambil. Banyak hal yang cukup fatal yang bisa terjadi apabila mahasiswa lupa dengan jumlah SKS yang sudah diambil. Jadi, mencatat dan memperhatikan jumlah SKS yang diambil adalah suatu kewajiban.

2. Buatlah list mata kuliah yang wajib diambil

Tidak hanya mencatat jumlah SKS yang sudah diambil namun setiap mahasiswa harus  mencatat mata kuliah yang wajib diambil. Pencatatan ini diwajibkan agar mahasiswa wajib mengetahui mata kuliah yang sudah diambil. Sehingga bisa memperbaiki nilai yang kiranya perlu diperbaiki. Namun, kebanyakan dari mahasiswa tersebut lupa untuk mencatat mata kuliah yang wajib diambil. Sehingga, ketika mendekati pelaksanaan KRS mereka kerap kali tidak mencatat mata kuliah yang wajib diambil. Akibatnya, KRS pun tidak berjalan dengan baik. So, jika kamu ingin sukses melakukan KRS jangan lupa untuk mencatatnya ya.

3. Perhatikan mata kuliah yang harus diperbaiki

Karena masih ada beberapa kampus yang belum menggunakan metode modern untuk melakukan KRS, banyak pula dari mereka yang lupa dengan mata kuliah yang harus diperbaiki. Nah, dengan adanya permasalahan tersebut hendaknya kamu harus lebih teliti dan hati-hati untuk melakukan pengecekan mata kuliah yang harus diperbaiki tersebut. Tapi, semua permasalahan tersebut dapat dengan mudah diatasi apabila perguruan tinggimu telah menggunakan sistem yang modern seperti siAkad cloud. Di dalamnya, sudah terdapat fasilitas yang dapat mencatat seluruh nilai mata kuliah kamu dari awal kamu kuliah.

4. Catat jadwal perkuliahanmu pasca melakukan KRS

Pernahkan kamu menulis jadwal perkuliahan pasca melakukan KRS? Sayangnya, tidak semua mahasiswa langsung mencatat jadwal perkuliahan tersebut. Sehingga hal buruk bisa terjadi bila kamu tidak melakukannya. Bisa saja kamu akan mengalami cekal dalam pelajaran yang kamu tempuh. Untuk itu, kamu harus memperhatikan jadwal perkuliahan tersebut ya! Jangan sampai hal kecil seperti itu bisa mengganggu proses perkuliahan. Namun, hal itu bisa kamu antisipasi jika menggunakan siAkad Cloud. Kamu tidak akan menemukan permasalahan seperti ini karena semua jadwal mata kuliah yang sudah kamu ambil sudah tercatat dengan baik di dalam akunmu.

5. Perhatikan dengan baik jadwal KRS yang sudah ditentukan oleh pihak kampus

Jika kamu melewatkan jadwal KRS, kamu akan kehilangan kesempatan mendapatkan kelas yang akan kamu ampu satu semester ke depan. Bisa jadi kamu tidak mendapatkan kelas dan kamu harus menunda pengambilan mata kuliahmu tersebut di tahun berikutnya. Kejadian seperti itu sangat disayangkan karena dapat merugikan dirimu sendiri. Untuk mengantisipasinya, kamu harus membuat pengingat saat KRS telah tiba.

Itulah 5 tips yang bisa kamu terapkan agar KRS mu bisa terlaksana tanpa hambatan. Kita semua tahu, betapa pentingnya KRS dan sistem informasi akademik ini bagi civitas kampus terutama bagi mahasiswa. Di era modern saat ini, sistem yang handal sangat diperlukan oleh perguruan tinggi, seperti sistem informasi siAkad Cloud yang siap membantumu dalam pelaksanaan KRS di kampus Anda berjalan lebih lancar. Karena siAkad Cloud sudah dirancang dengan teknologi yang modern, jadi bisa dipastikan kampus anda akan terbantu penuh dengan sistem akademik ini. Nah, apakah anda sudah siap beralih dan bertransformasi ke sistem akademik terbaik kami?

Download Premium WordPress Themes FreeFree Download WordPress ThemesDownload Nulled WordPress […]

Berita dari CampusPedia :


Komentar :