5 Tips Membuat Laporan Keuangan di Akhir Bulan/Tahun dengan Cepat & Akurat

Keuangan KampusTips & Trik
 

adminweb

 

14 Januari 2020

SEVIMA.COM – Tutup buku bukanlah istilah yang asing bagi bagian keuangan. Namun, jika Anda yang tidak memiliki kemampuan dasar tentang akuntansi, mungkin ini bisa jadi hal yang baru.

Secara singkat tutup buku merupakan kegiatan yang dilakukan di bagian keuangan dalam rangka meng-cut off atau menutup pelaporan di akhir periode. Tutup buku biasanya dilakukan dengan dua tahap, yaitu pada saat akhir bulan dan pada akhir tahun.

Proses ini menjadi bagian tersibuk dalam setiap bulan bahkan tahun. Banyak hal yang harus di persiapkan agar dapat melewatinya dengan baik. Berikut adalah 5 tips mudah menyusun laporan keuangan akhir tahun, cepat dan akurat!

1. Disiplin dengan Deadline dan Waktu Penyampaian

Jangan suka menunda-nunda. Buat ceklist persiapan seperti: buku besar yang mencakup keseluruhan tahun anggaran, dan juga informasi soal asset, liabilitas dan ekuitas. Lengkapi semua faktur, tindak lanjuti pembayaran terhutang, dan catat faktur yang sudah jatuh tempo.

Rekap semua dengan mutasi rekening bank, untuk memastikan pembayaran dan penerimaan sesuai agar datanya valid. Semua data yang di kumpulkan di uraikan secara sederhana, sehigga memudahkan Anda menganalisa dan memutuskan langkah selanjutnya untuk mengembangkan usaha Anda.

2. Kumpulkan Semua Catatan Keuangan

Siapkan semua info tentang data dan bukti transaksi untuk membuat laporan keuangan. Jangan lupa buat daftar ceklis seperti jurnal dan buku besar dalam tahun tersebut, dan info lainnya seperti aset, utang, modal, dsb.

Laporan laba rugi menunjukan jenis pendapatan yang diperoleh dalam satu periode, jumlah dari tiap jenis pendapatan, jumlah total dari keseluruhan pendapatan, jenis-jenis biaya atau beban dalam suatu periode, jumlah dari tiap jenis beban dan jumlah total dari keseluruhan beban atau biaya.

3. Buat Laporan Sederhana

Buatlah laporan yang sederhana dengan menguraikan data yang dihimpun secara akurat, tuliskan dengan gaya dan bahasa sederhana agar mudah dipahami.

4. Gunakan Bantuan Profesional

Kalau perguruan tinggi anda kesulitan dalam melakukan laporan keuangan bisa gunakan bantuan profesional seperti menyewa akuntan dari perusahaan akutansi. Tapi bantuan profesional biasanya membutuhkan dana yang mahal. Namun pembukuan bisa kita lakukan sendiri dengan mudah bila tahu caranya dengan bantuan software akutansi kampus.

5. Gunakan Software Akuntansi Kampus

Sistem informasi, software atau perangkat lunak untuk akuntansi mempermudah aktivitas dan pencatatan akuntansi, sehingga prosesnya menjadi lebih singkat, mudah dan effisien. Tiap software akuntansi memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan pencacatan akuntansi.

Pencatatan akuntansi manual ataupun menggunakan aplikasi spreadsheet sederhaana seperti excel, membuat Anda harus merekap ulang atau duplikasi di beberapa buku tersendiri untuk stok, kas dan piutang. Hal tersebut membuat pencatatan transaksi sering salah, tidak sinkron antar buku dan juga melelahkan.

Pengunaan sistem akuntansi perguruan tinggi yang baik sangat berpengaruh dalam waktu untuk menerbitkan laporan keuangan yang akurat. Dengan menggunakan software, penerbitan laporan keuangan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan proses manual.

Dengan terus berkembangnya teknologi dalam bidang akuntansi, pencatatan dan pembukuan dapat dilakukan secara realtime dan otomatis sehingga tidak perlu lagi melakukan duplikasi pencatatan di buku tersediri seperti dalam pencatatan manual. Salah satu software accounting terbaik saat ini adalah finance Cloud. Apa saja yang bisa Anda dapatkan di finance Cloud? cek: financecloud.id

Download WordPress Themes FreeDownload Nulled WordPress ThemesDownload WordPress Themes FreeDownload […]

Komentar :