Dunia Dosen | e-learning | Tips & Trik

5 Tips Persiapan Pembelajaran Blended Learning agar Lebih Efektif

SEVIMA.COM – Memanfaatkan teknologi dalam dunia pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat efektif dilakukan akhir-akhir ini. Seperti halnya pada pembelajaran dengan metode blended learning. Metode Blended learning ini dinilai sangat fleksibel dan mudah diaplikasikan oleh pelajar dan pengajar.

Dilansir dari kanal Youtube New EdTech Channel, terdapat lima tips yang bisa anda siapkan untuk menerapkan metode blended learning. Mau tahu apa saja tips yang bisa anda terapkan? Simak ulasan berikut ini.

1. Siapkan sistem manajemen pembelajaran agar terorganisir dengan baik

Sistem manajemen pembelajaran atau biasa dikenal dengan Learning Management System (LMS) merupakan salah satu hal yang penting dan krusial dalam pembelajaran blended learning. Anda bisa menggunakan EdLink untuk mengelola kelas.

Saat menyiapkan LMS, pengajar diharapkan agar lebih memerhatikan manajemen tugas, ujian dan materi pembelajaran dengan tepat. Tujuannya tak lain adalah untuk lebih mengenalkan metode blended learning kepada pelajar dengan matang. Sehingga pembelajaran tersebut bisa diterima oleh mereka.

Harapannya, dengan melakukan persiapan sistem manajemen pembelajaran dengan baik, pelajar dapat terbantu saat menghadapi pembelajaran yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Selain itu, pengajar juga sangat disarankan agar lebih proaktif kepada para pelajaran dan orangtua dalam pengenalan metode blended learning ini.

Baca juga: Sangat Mudah, Begini Cara Daftar SEVIMA EdLink

2. Bersiaplah untuk melakukan flipping classroom dengan baik

Yang dimaksud dengan flipping classroom disini adalah pelajar bisa menerima penyampaian materi yang disampaikan oleh pengajar di luar pembelajaran di dalam kelas. Hal penting lain yang harus disiapkan adalah melakukan rekaman video pembelajaran, membuat konten menarik untuk proses belajar mengajar, dan membuka sesi belajar tambahan dan diskusi untuk para pelajar di luar jam pelajaran yang sudah ada.

Jika penerapan flipping classroom ini dilakukan dengan baik, seluruh kegiatan belajar mengajar akan lebih efektfif. Sebagai pengajar yang kompeten, jangan lupa untuk memberikan feedback kepada pelajar

3. Buatlah pembelajaran yang sinkron dan interaktif

Sangatlah menarik bila penyampaian materi lebih dilakukan dengan hal baru dan dinilai cukup fresh. Seperti pembuatan video pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan program dari beberapa aplikasi terbaik.

Peljar dan pengajar akan lebih mudah untuk melakukan interaksi dengan baik apabila melakukan pembelajaran ini dengan baik. Terutama dalam hal penyampaian materi yang akan disampaikan dalam suatu pembelajaran.

4. Fokus pada design pembelajaran

Inilah hal yang paling penting dalam pembelajaran blended learning. Pengajar diharapkan mampu fokus terhadap design pembelajaran yang akan disampaikan untuk para pelajar.

Pertama, anda harus lebih memerhatikan urutan strategi pembelajaran kepada pelajar. Yang kedua adalah anda harus sangat berhati-hati ketika memilih program teknologi yang cocok dan pas untuk diterapkan dalam pembelajaran pelajar. Selanjutnya, anda perlu mengikutsertakan pelajar dalam melakukan proses pembelajaran selama studi.

Meskipun blended learning ini dinilai baru, namun bisa dipastikan bahwa sistem pembelajarannya wajib berpacu pada kurikulum yang berlaku. Dengan demikian, materi yang disampaikan kepada pelajar pasti akan bisa terstruktur dan tersampaikan dengan baik.

Baca juga: Terbukti! SEVIMA EdLink Tingkatkan Minat Belajar di Tengah Pandemi Covid-19

5. Ajarkan keterampilan teknologi dasar

Namanya juga blended learning, pastinya pelajar juga harus diajarkan tentang ketrampilan teknologi. Selama melakukan proses pembelajaran ini pengajar harus mampu membekali para pelajar untuk memiliki keahlian teknologi.

Pentingnya penggunaan teknologi ini juga berkaitan proses belajar mengajar selama menggunakan metode blended learning ini. Adapun skill yang bisa diberikan kepada pelajar tersebut antara lain seperti touch typing, web navigation, copying and pasting, penggunaan hyperlink, dan downloading and uploading dokumen,

Pengajar diharapkan mampu memberikan tugas dan pelatihan kepada pelajar agar pelajar sendiri mampu memenuhi target. Bila pelajar mampu memenuhi target tersebut, diharapkan kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar.

Itulah tips yang bisa anda terapkan untuk metode blended learning. Bila penerapan metode ini bisa diterapkan dengan baik, pelajar dan pengajar akan menemukan interaksi yang sangat baik dalam proses belajar mengajar. Nah, akan lebih menariknya lagi bila anda menggunakan EdLink sebagai solusi dalam penerapan metode blended learning ini.

Bagikan artikel ini
Download Best WordPress Themes Free DownloadFree Download WordPress ThemesDownload Premium WordPress Themes FreeDownload Nulled WordPress Themesfree download udemy paid coursedownload redmi firmwareDownload Nulled WordPress Themesdownload udemy paid course for free

Komentar