Dunia Kampus | e-learning | Tips & Trik

5 Tips Tingkatkan IPK Saat PJJ Menurut Kemendikbud

SEVIMA.COM – Di masa pandemi Covid-19 ini, rata-rata perguruan tinggi harus menjalankan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau kuliah online. Meskipun belajar di rumah, mahasiswa bisa meningkatkan nilai prestasi atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Penasaran?

Dikutip dari instagram Ditjen Dikti Kemendikbud, Minggu (15/11/2020), ada lima cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk memperoleh nilai IPK tinggi ketika mekanisme pembelajarannya dilakukan di rumah.

5 Tips Tingkatkan IPK Saat Kuliah Online

1. Siapkan Perangkat, Aplikasi, dan Jaringan

Hal yang pertama bisa kamu dilakukan adalah menyiapkan alat untuk mendukung proses belajar di rumah, seperti laptop, telepon genggam (handphone) dan jaringan internet. Selain itu, siapkan juga aplikasi pendukung belajar, seperti Zoom Meeting, Google Meet, Google Teams, SEVIMA EdLink atau aplikasi e-learning yang sedang digunakan perguruan tinggi.

Baca juga: Ternyata Ini Fitur Favorit Para Mahasiswa di SEVIMA EdLink

2. Aktif di Kelas

Walaupun perkuliahan dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau online, mahasiswa tetap harus fokus pada setiap materi yang diberikan dosen. Mahasiswa juga harus aktif dalam menyiapkan argumennya setiap proses pembelajaran.

Dengan fokus dan proaktif di kelas, maka mahasiswa bisa mudah memahami materi dan biasanya menjadi perhatian dosen. Serta akan mendapat nilai plus di mata dosen.

3. Rajin Membaca Buku dan Jurnal

Membaca sudah menjadi kewajiban semua pelajar. Dengan sering membaca buku dan jurnal, mahasiswa akan memiliki banyak ilmu pengetahuan. Lalu, bisa menjadi banyak landasan dalam menulis maupun berargumentasi saat kuliah online.

4. Jangan Menunda Tugas

Ketika mahasiswa menunda pekerjaan, artinya tidak bisa menggunakan waktu secara maksimal. Pastinya, hasil yang dikerjakan juga tidak akan maksimal. Itu karena konsentrasi terbagi dengan tugas-tugas lain yang berdatangan dari dosen yang lain.

Sebaiknya tugas yang baru diberikan langsung bisa dikerjakan. Bila tugas sudah selesai sebelum waktu yang telah ditentukan, maka banyak waktu luang untuk melakukan hal lainnya.

5. Jangan Titip Absen

Kebiasaan titip absen harus ditinggalkan, bila ingin memperoleh nilai IPK yang baik. Para dosen sangat konsen pada jumlah kehadiran mahasiswa. Apalagi kuliah online ini kehadiran sulit untuk dilacak.

Masalah absen juga harus dipikirkan, agar penilaian dosen terhadap mahasiswanya di posisi yang baik. Bila mahasiswa tidak pernah menitip absen, maka orang itu bisa menghargai waktunya di setiap kegiatan yang dilakukannya setiap hari.

Itulah 5 tips tingkatkan IPK saat kuliah online dari Ditjen Dikti Kemendikbud, bisa kamu coba untuk ningkatin IPK saat pandemi seperti ini. Oh iya, mungkin ada teman kamu yang ingin tahu tips ini, jangan lupa untuk dishare ya!

Bagikan artikel ini

Komentar