7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 27 Jan 2022

7 Daftar Jurnal Internasional Bereputasi yang Diakui Kemendikbud

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Berkarir menjadi seorang dosen, pasti memiliki kewajiban untuk membuat karya tulis atau jurnal ilmiah. Namun, untuk mendapatkan suatu karya tulis dan jurnal ilmiah yang bagus dosen harus bisa menjadikan karyanya tembus ke jurnal internasional.

 Sayangnya, untuk mendapatkan jurnal internasional yang bereputasi ini tidaklah mudah. Penulis harus melalui beberapa tahap agar jurnal tersebut berhasil publish di beberapa jurnal internasional. 

Tak hanya itu saja, para penulis juga harus memastikan bahwa jurnal tersebut juga diakui oleh Kemendikbud. Dewasa ini, banyak sekali permasalahan jurnal bereputasi yang bisa membatalkan karir seorang dosen. Sangat disayangkan bukan? 

Lalu jurnal internasional apa saja yang diakui oleh Kemendikbud? Simak ulasan di bawah ini ya.

1. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ adalah salah satu tempat yang menyediakan akses ke jurnal berkualitas tinggi. Akses ini sangatlah terbuka, namun jurnal tersebut sudah bisa ditinjau oleh rekan sejawat. 

Terdapat 80 bahasa, 130 negara, 17 ribu jurnal, serta 7 juta artikel yang bisa diakses di DOAJ. Anda bisa mengunjunginya di https://doaj.org/

 2. SCOPUS

Di dunia perguruan tinggi, pasti sudah tak asing lagi dengan SCImago Journal & Country Rank (SCOPUS). SCOPUS merupakan salah satu portal yang disediakan untuk umum yang berisikan jurnal indikator ilmiah negara. 

Jurnal ini dikembankan dari berbagai informasi yang terkandung di dalamnya. Di dalam jurnal ini terdapat 27 tema, 313 subjek, 34 ribu judul, lebih dari 5 ribu penerbit, dari 239 negara dunia. Laman yang bisa Anda kunjungi https://www.scimagojr.com/

3. Thomson Reuters

Yang satu ini merupakan salah satu portal yang berisikan jurnal-jurnal. Thomson Reuters ini ternyata menggunakan beberapa indeks, antara lain:

  • Science Citation index expanded (SCIE)
  • Social Sciences Citation Index (SSCI)
  • Arts & Humanities Citation Index (AHCI)
  • Emerging Sources CItation Index (ESCI)
  • Conference Proceeding Citation Index (CPCI)
  • Book Citation Index (BCI)

4. Elsevier

Kalau yang ini merupakan salah satu penyedia informasi ilmiah, teknis, dan medis yang paling komplit di seluruh dunia. Perusahaan teknologi yang sudah berdiri sejak 1880 ini terdapat 400 ribu jurnal pertahun dari 2500 jurnal. Nah, salah satu jurnal yang ada di dalam Elsevier ini adalah Procedia Social and Behavioral Sciences. Anda bisa mengunjungi https://www.elsevier.com/.

Baca juga: 10 Rekomendasi Situs Jurnal Internasional untuk Mahasiswa Akhir

5. Springer

Springer adalah salah satu perusahaan penerbitan global yang telah berhasil mengeluarkan berbagai macam karya. Karya-karya tersebut mulai dari menerbitkan buku elektronik, sains, jurnal, teknis, dan juga medis. Beberapa pangkalan data ilmiah yang dimiliki antara lain SpringerLink, Springer Protocols, dan SpringerImage. Kini Springer telah berhasil menerbitkan lebih dari 88 ribu judul karya elektronik dari 18 kategori. Nah, untuk bisa mengaksesnya, Anda bisa mengunjungi https://www.springer.com/gp/

6. Wiley Online Library

Utuk bisa mengakses berbagai multidisiplin ilmu seperti ilmu alam, kesehatan, sosial, fisika, dan humaniora, Anda bisa menggunakan Wiley Online Library. Pada layanan ini terdapat 4 juta artikel dari 1500 jurnal, 9 ribu buku, dan ratusan edisi lainnya di dalamnya. Laman resmi yang bisa Anda kunjungi yaitu https://onlinelibrary.wiley.com/

7. Taylor & Francis

 Kalau perusahaan multinasional yang satu ini merupakan perusahaan yang sudah menerbitkan buku dan jurnal akademik. Terdapat 2700 jurnal di sini dengan berbagai macam tema. Mulai dari humaniora, ilmu sosial, kesehatan, teknologi, dan lainnya. 

Laman resminya bisa Anda dapatkan di https://taylorandfrancis.com/

Baca juga: Mudah, Begini Cara Download Jurnal Internasional Berbayar Secara Gratis

Nah, itulah ketujuh jurnal internasional yang diakui oleh Kemendikbud-Ristek. Anda bisa mendaftarkan jurnal Anda di ketujuh layanan tersebut. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×