4 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Mahasiswa • 17 Feb 2022

7 Skill yang Akan Kamu Dapatkan di Jurusan Ilmu Komunikasi

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Siapa sih yang tak tahu dengan jurusan Ilmu Komunikasi? Salah satu jurusan yang paling banyak digemari ini rupanya memiliki berbagai macam skill lho. Kamu bisa mendapatkan kesempatan emas jika berkuliah di sini. 

Masuk di jurusan ini, kamu akan dituntut untuk belajar banyak hal. Mulai dari belajar jurnalistik, penyiaran, hubungan masyarakat, komunikasi pemasaran, periklanan, hingga desain komunikasi visual. 

Oleh karena itu, masuk di jurusan ini sangat memudahkan kamu untuk mendapatkan kesempatan emas di masa yang akan datang. Jelas aja dong, banyak banget ilmu yang bisa kamu dapatkan di sini. 

Wah, pasti kamu penasaran ya, apa saja sih skill yang bisa kamu kuasai jika kamu mengambil jurusan ini. Langsung saja yuk simak berikut ini. 

Skill yang bisa dipelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi

1. Public speaking

Masuk di jurusan ilmu komunikasi pasti tak asing lagi dengan pelajaran public speaking. Bisa dibilang public speaking merupakan salah satu makanan pokok yang harus dikuasai oleh para mahasiswa komunikasi. 

Kemampuan public speaking ini rupanya tak hanya sebatas cara bicara saja. Namun kamu juga akan dilatih untuk bisa menyampaikan maksud yang tujuan kamu. 

2. Marketing

Nah, ada lagi nih salah satu kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa komunikasi. Yaps, ilmu marketing. 

Lho kok bisa sih? Jawabannya tentu saja bisa. Melalui jurusan ini kamu bakal belajar banyak hal tentang pemasaran. Misalnya pemahaman produk, advertising produk yang tepat, hingga tahu bagaimana mempromosikan produk tersebut.

3. Jurnalis

Ilmu komunikasi dan dunia jurnalis adalah dua hal yang tak terpisahkan. Kamu tak hanya dituntut untuk menulis berita, namun kamu juga bakal belajar bagaimana melakukan teknik wawancara, menyampaikan sudut pandang yang tepat, riset berita, hingga menyampaikan struktur berita yang tepat. 

Baca juga: Mahasiswa Baru, Yuk Kenali Etika Komunikasi Online dengan Dosen

4. Riset

Masuk di jurusan ini ternyata juga bisa membuat kemampuanmu melakukan riset semakin diperdalam. Kamu tak hanya melakukan penelitian dan pengolahan data saja, namun kamu juga bakal dituntut untuk menganalisa suatu teori. Menarik bukan?

5. Manajemen

Kemampuan manajemen di sini yang dimaksud adalah melakukan manajerial. Misalnya saja mengatur waktu dan mengkoordinasikan berbagai hal. Jadi kamu tak hanya belajar ilmu yang ada semasa perkuliahan saja, namun juga bagaimana melakukan manajemen waktu yang baik. 

6. Videografi

Di masa yang semakin canggih, kemampuan menguasai teknologi semakin dicari. Nah, salah satu kemampuan yang dimiliki adalah videografi ini guys. Di jurusan ini kamu tak hanya belajar banyak mengolah video untuk kebutuhan dokumentasi periklanan ataupun media. Seru banget lho. 

7. Fotografi 

Fotografi di jurusan ini memang sudah tak asing lagi di telinga. Kamu akan belajar bagaimana mengambil gambar dengan jelas untuk kepentingan jurnalistik atau media. 

Memang ya kalau membahas berbagai macam skill di jurusan ilmu komunikasi gak akan pernah bisa habis. Semua hal yang kamu dapatkan di sini sangat seru banget kalau dipelajari.

 Baca juga: 5 Kemampuan Dasar yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Teknik

Kalian pada tertarik gak sih masuk di jurusan ilmu komunikasi ini? Nah, ada kabar bagus nih buat kamu yang ingin masuk di jurusan ilmu komunikasi. Dapatkan kesempatan emas mendalami ilmu komunikasi dengan baik di beberapa kampus komunikasi terbaik di khusus di Ibu Kota Jakarta, seperti UI, LSPR, Binus University dan IBN

Tapi bila kamu memilih jurusan ilmu komunikasi yang mengarah ke bisnis, kamu bisa mengambil perkuliahan di IBN. kamu tak hanya belajar tentang ilmu komunikasi saja, tapi juga ilmu bisnis dengan baik.  Yuk segera daftarkan dirim kamu di https://maukuliah.id/university/institut-bisnis-nusantara .

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×