Hari ini - Event Exclusive Training – Workshop Pengelolaan Keuangan Perguruan Tinggi: Mencari Solusi Alternatif untuk Masalah Anggaran, Perbendaharaan, dan Pelaporan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Uncategorized • 02 Sep 2024

Manajemen Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Dalam upaya meningkatkan kredibilitas karyawan di sebuah perusahaan, dibutuhkan manajemen pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) secara berkelanjutan. Hadirnya kedua program ini sangat penting untuk mencapai penguasaan keterampilan dan kompetensi karyawan. 

Kegiatan ini juga sudah diatur jelas dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003, yang menyatakan bahwa setiap perusahaan wajib meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Oleh sebab itu, pelatihan berkelanjutan seperti ini sangat penting bagi perusahaan. 

Baca juga: Solusi Manajemen Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Lantas seperti apa manajemen pelatihan dan pengembangan karyawan yang tepat? 

Apa Tujuan Manajemen Pelatihan dan Pengembangan Karyawan?

Pelatihan dan pengebangan karyawan memiliki tujuan penting, di antaranya:

  • Meningkatkan kompetensi dan keterampilan karyawan: Dengan kompetensi dan keterampilan yang memadai, karyawan akan memiliki nilai tambah yang signifikan.
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja: Karyawan yang terampil akan secara langsung meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.
  • Mempersiapkan karyawan untuk peran dan tanggung jawab yang lebih besar: Pelatihan dan pengembangan yang tepat, pasti selaras dengan peningkatan peran dan tanggung jawab karyawan untuk posisi yang lebih baik dan kompeten. 

Bagaimana Melakukan Manajemen Pelatihan dan Pengembangan?

Untuk melakukan manajemen pelatihan dan pengembangan, perusahaan perlu melakukan beberapa tahapan, yaitu:

  • Analisis kebutuhan pelatihan: Langkah pertama adalah melakukan analisis kebutuhan pelatihan untuk mengetahui apa saja yang diperlukan oleh karyawan dalam meningkatkan keterampilan mereka.
  • Perencanaan program pelatihan dan pengembangan:  Setelah melakukan analisis, langkah berikutnya adalah merencanakan program yang mencakup kebutuhan pelatihan dan pengembangan yang tepat.
  • Pelaksanaan program pelatihan: Program pelatihan sebaiknya didampingi oleh ahli, sehingga dapat membantu karyawan dalam mengembangkan keterampilannya.
  • Evaluasi kegiatan: Tahap akhir dari setiap kegiatan adalah melakukan evaluasi kegiatan untuk menilai efektivitas pelatihan. 

Apa Saja Metode Manajemen Pelatihan dan Pengembangan yang Digunakan?

Ada beberapa metode pelatihan dan pengembanggan karyawan, di antaranya:

  • Kelas dan lokakarya: Melibatkan pertemuan tatap muka antara instruktur dan peserta, memungkinkan diskusi langsung, tanya jawab, dan kerja kelompok. Kelas biasanya bersifat teoritis, sedangkan lokakarya lebih praktis dan aplikatif.
  • Coaching dan mentoring: Fokus pada pengembangan pribadi dan profesional melalui bimbingan individu. Coaching lebih bersifat jangka pendek dengan fokus pada peningkatan kinerja spesifik, sedangkan mentoring lebih jangka panjang dan mencakup perkembangan karir keseluruhan.
  • E-learning dan pelatihan online: Pelatihan dengan menggunakan platform digital. Peserta dapat mengakses materi kapan saja dan dari mana saja, yang memberikan fleksibilitas tinggi. Metode ini biasanya mencakup video, modul interaktif, kuis, dan forum diskusi online.

Baca juga: Pentingnya Perusahaan Memiliki Aplikasi Pengembangan Karyawan

Namun, dalam pelaksanaannya, perusahaan sering menghadapi kendala biaya dan anggaran dalam mengimplementasikan program pelatihan. Sehingga penting untuk menyesuaikan program dengan kebutuhan individu karyawan dan secara rutin. Selain itu, Anda juga perlu melakukan evaluasi efektivitas pelatihan untuk memastikan investasi tersebut memberikan hasil yang optimal.

Sebagai solusi mendapatkan platform yang mumpuni dalam manajemen pelatihan dan pengembangan karyawan, Anda bisa memanfaatkan Edlink for business. Platform ini memudahkan manajemen dan pelatihan pengembangan karyawan, memastikan SDM berkembang selaras dengan perkembangan bisnis Anda.

Penasaran dengan fitur ini? Anda bisa mengunjungi lama kami di SEVIMA EdLink for Business.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×