3 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Nasional: Strategi Sukses Mengembangkan Pembelajaran Kreatif dengan Muatan CPL & CPMK Kewirausahaan untuk Kampus dan Sekolah Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita • 09 Oct 2024

Terbang ke Amerika, Mahasiswa Unimor Ini Berkesempatan Kuliah Sebulan di Nebraska University

Erna SEVIMA

SEVIMA.COM – Satu lagi prestasi yang ditorehkan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Timor, Kefamenanu.

Mahasiswa atas Nama Hendrik O. Manu, menorehkan sejarah baru bagi Universitas Negeri Timor, setelah dirinya dinyatakan lolos untuk menimba ilmu (kuliah) di Nebraska University, Amerika Serikat melalui program Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI).

“Setelah program Fall 2024 YSEALI Academic Fellowship ini dibuka pada bulan April 2024 Saya mendaftarkan diri. Program ini ada 2 tahapan yakni yang pertama itu seleksi administrasi dan setelah itu seleksi wawancara” Jelas Mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris tersebut.

Pada seleksi administrasi saya diminta untuk mengisi Google Form dan juga menulis personal statement. Setelah satu bulan submit berkas dan akhirnya saya dinyatakan Lolos ke tahap wawancara dari embassy Surabaya. Saya mengikuti wawancara pada tanggal 15 Mei 2024, saya diwawancarai oleh 3 pewawancara menggunakan bahasa Inggris, lanjutnya menjelaskan.

Setelah wawancara, Hendrik harus menunggu kurang lebih 2 bulan untuk mendapatkan pengumuman. Setelah kurang lebih dua bulan, tambahnya “Hari ini saya mendapatkan kiriman email dari embassy Amerika di Jakarta bahwa saya dinyatakan Lolos untuk belajar mengenai Civic Engagement di University of Nebraska Omaha, Amerika selama satu bulan”.

Hendrik menyampaikan bahwa tujuannya yakni untuk belajar mengenai Civic Engagement selama satu bulan di Amerika bersama para Pemuda di Asia Tenggara dan Timor Leste.

“Saya sangat bangga karena ini merupakan salah satu impian saya sejak tahun 2023 untuk bisa belajar di luar negeri. Bulan Januari saya mencoba program IISMA tapi saya gagal pada tahap wawancara. Tapi akhirnya saya bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar di Amerika pada tahun ini melalui program YSEALI Academic Fellowship,” tutur Hendrik dengan bangga.

Untuk diketahui, program YSEALI adalah program yang disponsori Departemen Luar Negeri AS ini memberikan kesempatan untuk para sarjana atau lulusan baru, berusia 18 hingga 25 tahun, ke Amerika Serikat untuk mengikuti program lima minggu yang diadakan di kampus perguruan tinggi atau universitas di AS.

YSEALI adalah program khusus dari pemerintah AS yang memberikan pelatihan keterampilan kepada generasi muda di Asia Tenggara. Melalui berbagai kegiatan, YSEALI membangun kemampuan kepemimpinan generasi muda di kawasan ini, memperkuat hubungan antara Amerika Serikat dan Asia Tenggara, dan membina komunitas para pemimpin yang bekerja lintas batas untuk memecahkan masalah bersama. Kaum muda di Asia Tenggara akan membantu menentukan kawasan ini selama beberapa dekade mendatang, sehingga partisipasi penuh mereka dalam memecahkan tantangan global sangat penting bagi pembangunan dan kesejahteraan kawasan.

“YSEALI dan prakarsa antar masyarakat lainnya yang disponsori Amerika Serikat menunjukkan komitmen pemerintah AS untuk memperkuat hubungan antara satu miliar gabungan penduduk AS dan Asia Tenggara,” kata Juru Bicara Kedutaan Besar AS Michael D. Quinlan, dikutip dari laman resmi kedutaan besar AS di Indonesia.

Sumber: FaktaHukum

Tags:

mahasiswa Sevima unimor

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×