+62 812-9000-4560     support@sevima.com


Ambil Jurusan IT? Ini 7 Pilihan Karir yang Menjanjikan

Aplikasi OnlinePengetahuan IT
 

adminweb

 

27 Februari 2019

SEVIMA.COM – Mau ambil jurusan IT, namun masih ragu? Yaps kamu berada ditulisan yang tepat. Saat ini jurusan Teknik Informatika sedang benar-benar berada di puncak popularitas. Jurusan ini diincar oleh banyak orang mengingat di era kemajuan teknologi seperti saat ini.

Kita tahu saat ini peranan teknologi sangat besar bagi masyarakat. Terlebih lagi dalam hal inovasi. Hampir seluruh sektor usaha membutuhkan orang-orang yang berkecimpung di bidang Information Technology (IT). Secara otomatis, banyak lowongan pekerjaan yang tersedia di bidang IT. Sebab pada dasarnya, mereka sangat dibutuhkan.

Beberapa profesi dan prospek kerja lulusan IT:

1. Web Developer

Profesi yang satu ini paling banyak digeluti oleh teman-teman lulusan IT. Web developer itu tugasnya menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pada dasarnya, web developer membuat berbagai hal “terjadi” pada sebuah website.

Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut.

2. Web Designer

Web designer adalah seseorang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman web. Dia adalah orang yang membuat wajah halaman web tampak begitu “cantik”. Para web design mengintegrasikan komponen seperti gambar, file flash, atau multimedia ke dalam halaman web untuk menambah pengalaman visual user, atau untuk melengkapi content paage.

3. Mobile Application Developer

Seorang developer aplikasi adalah orang-orang kreatif yang bekerja menciptakan berbagai macam aplikasi berbasis mobile yang bisa disesuaikan dengan sistem operasi pada gadget saat ini. Inilah salah satu profesi yang menuntut kreativitas tingkat tinggi dan pemahaman algoritam yang cukup baik.

Lowongan pekerjaan lulusan IT seperti mobile developer ini, saat ini sangat di butuhkan. Bahkan setiap perusahaan kini sudah memiliki aplikasi dan dapat di akses pada smartphone atau gadget lainnya.

4. System Analyst

Profesi inilah yang bertugas menganalisa sistem yang akan digunakan oleh organisasi. Untuk menjadi seorang System analyst yang handal, kamu perlu tingkat ketelitian yang tinggi sehingga berbagai tahapan dalam merangkai sistem bisa dipantau dengan cermat.

Tak hanya itu saja, pekerjaan ini juga dituntut untuk bisa berinovasi dengan sesuatu yang baru dalam hal pengupgrade-an sistem dari sistem yang telah ada.

5. Sofware Tester

Seorang Sofware Taster biasanya akan melakukan pengujian pada perangkat lunak di tempatnya bekerja. Ia akan bertanggung jawab atas kebenaran serta fungsinya sebagai perangkat lunak yang telah diciptakan.

Selain itu, biasanya software tester menguji perangkat lunak dengan menggunakan perangkat lunak tersebut tetapi di luar aturan dari perangkat lunak tersebut.

6. Network Administrator

Prospek kerja lulusan IT lainnya adalah network administrator. Salah satu yang terpenting di era kemajuan teknologi adalah tersedianya tenaga ahli dalam menjaga keamanan sistem jaringan sehingga terhindar dari kebocoran informasi atau terkena hack yang bisa membuat sistem eror dan merusak data yang ada di dalamnya.

7. IT Consultant

Prospek kerja lulusan IT selanjutnya adalah IT consultant. Setiap sistem pasti punya permasalahannya baik itu skala kecil maupun besar. Peran seorang IT Consultant adalah mencari solusi atas permasalahan dan kebutuhan sistem yang ada. IT Consultant bertanggung-jawab mengatasi masalah-masalah dalam sistem tersebut agar sistem dapat berjalan dengan lancar.

Bagaimana, apakah kamu semakin yakin untuk kuliah di jurusan teknologi informasi setelah tau apa saja prospek kerja lulusan IT? Atau kamu jurusan teknologi informasi sedang mencari kerja? Klik aja di karir SEVIMA, siapa tahu kita cocok. https://sevima.com/karir/

Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami