Berita | Liputan Media

Anies Baswedan: Jadilah Pembelajar yang Selalu Memanfaatkan Kesempatan Belajar

JAKARTA, suaramerdeka.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan strategi agar calon mahasiswa bisa lolos ke kampus negeri.

Strategi itu ia bagikan kepada ribuan peserta Seminar Nasional Tryout Pejuang PTN yang digelar Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Komunitas Sentra Vidya Utama (Semvina), Senin, 12 April 2021.

“Setiap kesuksesan pasti butuhkan suatu pengorbanan. Tak terkecuali masuk PTN. Agar bisa mencapainya, maka Anda harus menyiapkan strategi yang kuat,” terang Anies, kepada ribuan peserta tryout melalui Zoom Meeting.

Calon mahasiswa harus bisa memanfaatkan segala hal positif di mana saja dan kapan saja. Calon mahasiswa tidak hanya belajar menghadapi buku, namun juga belajar berjejaring, mengasah skill dan berorganisasi.

“Pahami diri sendiri guna memastikan proses belajar tetap menyenangkan. Sekaligus, mengotptimalkan kemampuan belajar sesuai dengan kemampuannya masing-masing,” imbuh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Calon mahasiswa memerlukan kepandaian untuk merencanakan segala hal. Misalnya dalam memilih jurusan dan kampus, calon mahasiswa perlu menyesuaikan potensi, kapasitas diri, serta peluang diterima di sana.

“Intinya, dalam menghadapi suatu ujian Anda harus yakin dan mempersiapkan segala hal dengan baik. Tak lupa, sisipkan pula daya juang yang tinggi, sehingga Anda akan siap dalam menghadapi ujian UTBK-SBMPTN tersebut,” harap Anies.

Direktur Tryout PTN Sismono Laode mengatakan, Seminar Tryout Pejuang PTN digelar untuk mendukung calon mahasiswa sukses dalam perjalanan studinya.

“Melalui suntikan semangat dari Pak Anies, kami berharap calon mahasiswa bisa sukses dalam studi dan karirnya,” katanya.

Artikel ini dimuat di suaramerdeka.com pada 12 April 2021. 

Bagikan artikel ini

Komentar