16 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 23 May 2022

Apa Fungsi dan Manfaat SISTER bagi Dosen

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Dalam sebuah perguruan tinggi, dosen tak hanya melakukan kegiatan belajar mengajar saja. Namun, dosen juga memiliki berbagai macam kegiatan tridharma perguruan tinggi mulai dari pengabdian masyarakat, penelitian, dan pengajaran. Nah, saat melakukan berbagai macam kegiatan tersebut, dosen seringkali membutuhkan data-data yang merekam beberapa aktivitas tersebut. 

Apa Itu SISTER?

Di kalangan dosen dan perguruan tinggi, SISTER merupakan salah satu istilah yang tak asing didengarkan di telinga. SISTER sendiri merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Sumber Informasi Sumber Daya Terintegrasi. SISTER sendiri merupakan sebuah program yang diadakan oleh Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. 

Apa Fungsi SISTER?

Dengan berbagai data yang harus disimpan itulah, dosen harus memiliki media penyimpanan yang sangat tepat dan akurat. Nah, melalui SISTER inilah setiap dosen bisa membangun portofolio yang bisa menyimpan seluruh aktivitas tridharma perguruan tinggi yang dilakukan oleh dosen. 

Dosen bisa menyimpan seluruh data-data yang terkumpul dengan lengkap di SISTER ini tanpa harus khawatir kehilangan data. Dengan begitu dosen bisa dengan mudah mengumpulkan portofolio nya menjadi lebih lengkap dan tentunya aman. 

Baca juga: Dosen, Ini 4 Aplikasi Yang Dapat Membantu Fokus Pada Peningkatan Kinerja

Apa Manfaat SISTER?

Ada banyak manfaat yang bisa Anda temukan melalui SISTER ini, antara lain:

  • Sangat berguna untuk proses pengembangan karir dosen

Dalam pengembangan karir dosen, pastinya ada beberapa hal yang harus disiapkan. Misalnya proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen, dan proses lainnya. 

Melalui SISTER inilah portofolio pengembangan karir dosen bisa tertata dengan sempurna. Dengan demikian, kegiatan pengembangan karir dosen bisa berjalan dengan baik. 

  • Mengurangi beban dosen dalam pengisian portofolio

Ketika mengisi portofolio, pasti banyak hal yang harus dipersiapkan. Nah, jika dosen sudah menyiapkan seluruh portofolionya melalui SISTER ini, maka secara tidak langsung dosen akan jauh lebih mudah saat melakukan validasi database PDDIKTI. 

  • Data lebih mutakhir dalam perencanaan portofolio

SISTER biasanya disebut sebagai one stop service yang memberikan pelayanan mulai dari rangkaian portofolio, data dosen, hingga seluruh kebutuhan dosen terkait karir dosen. Dengan adanya perencanaan perekaman data melalui SISTER tersebut, dosen akan jauh lebih mudah melakukan peningkatan karir yang lebih efektif dan efisien. 

Baca juga: 6 Hal Seputar API Portofolio SISTER, Perguruan Tinggi Harus Tahu!

Itulah manfaat yang bisa Anda rasakan jika Anda menggunakan SISTER dengan sangat baik. Dengan begitu Anda akan jauh lebih mudah dan siap dalam menyiapkan karir di masa depan. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

×