Pengetahuan IT | Seputar Pendidikan | Teknologi

Apa Itu Institusi Edutech? Kenapa Jokowi Sangat Gencar Dorong Perguruan Tinggi

SEVIMA.COM – Laju inovasi sangat cepat, dengan hal-hal baru yang ditemukan setiap hari. Dalam beberapa tahun terakhir, kita menjadi akrab dengan istilah “disruptive technology” di berbagai bidang, baik itu bidang retail, industri, keuangan dan transportasi.

Adanya disrupsi teknologi digital ini mengubah berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di bidang pendidikan. Dalam perdagangan kita mengenal e-commerce. di perbankan ada fintech dan e-payment. Nah, dalam pendidikan ada istilah edutech.

Apa Itu Apa Itu Institusi Edutech?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya di Konferensi Forum Rektor Indonesia tahun 2021 mengenalkan istilah “Institusi Edutech”. Nah, apa Itu sebenarnya Institusi Edutech? Sebelumnya Kemendikbud-Ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) juga sangat gencar mensosialisasikan program edukasi berbasis digital atau edutech ini guna menghadapi revolusi industri 4.0.

Institusi Edutech adalah singkatan dari Institusi Education technology, artinya institusi berbasis teknologi pendidikan yang merupakan terobosan baru di dunia pendidikan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam berbagai aspek kegiatan di perguruan tinggi seperti pembelajaran dan tata kelola.

Tujuan Edutech sendiri adalah untuk memungkinkan lingkungan belajar yang lebih baik serta meningkatkan keterlibatan dan partisipasi mahasiswa di kelas perkuliahan. Sehinga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Bagaimana Cara Menjadi Institusi Edutech?

Saat ini menjadi Institusi berbasis teknologi pendidikan adalah kebutuhan semua perguruan tinggi, guna menghadapi revolusi industri 4. serta agar kampus tidak tergerus perkembangan zaman. Lalu bagaimana cara menjadi kampus berbasis teknologi? Caranya mudah, teruslah berkembang mengikuti arus teknologi, jangan dilawan.

Seperti arahan Presiden Jokowi, untuk penerapan edutech yang bisa dilakukan perguruan tinggi adalah menerapkan teknologi paling dasar dulu yaitu pembelajaran memanfaatkan teknologi digital. Karena digital learning ini sangat penting untuk memfasilitasi mahasiswa untuk belajar dimanapun dan apapun. Apalagi kita sekarang dimasa pandemi, digital learning sangat dibutuhkan kampus.

Salah satu kunci dari sistem digital learning yang unggul saat ini adalah sistem pembelajaran yang terintegrasi. Di mana perguruan tinggi, dosen dan mahasiswa bisa berada dalam satu sistem pendidikan yang dapat diakses di mana saja melalui satu platform edukasi.

SEVIMA adalah perusahan IT yang siap mendukung pemerintah Indonesia dalam membangun edukasi berbasis digital melalui beberapa inovasi Edutech yang dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi.

Salah satunya SEVIMA EdLink yaitu sebuah platform Learning Management System (LMS) untuk mendukung sistem pembelajaran secara digital perguruan tinggi. Dengan platform ini, kini perguruan tinggi bisa mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh yang dapat diakses oleh dosen dan pelajar di mana dan kapan saja.

Sehingga, perguruan tinggi dapat dengan mudah menerapkan sistem pembelajaran digital tanpa harus mengeluarkan biaya atau SDM yang besar karena layanan ini mencakup pengelolaan data untuk sekolah dan perguruan tinggi, absensi online, akses diskusi online, akses informasi kampus, nilai, dan tagihan sekolah / perguruan tinggi.

SEVIMA EdLink ini lebih dari sekedar Learning Management System (LMS). Kenapa? karena tidak seperti layanan aplikasi pembelajaran lainnya yang bersifat “self-learning”, SEVIMA EdLink terintegrasi dengan administrasi (SIAKAD) kampus secara langsung. Jadi tidak perlu bolak balik dari LMS dan juga SIAKAD, cukup langsung dari satu aplikasi.

Saat ini SEVIMA EdLink sudah membantu 270+ perguruan tinggi beralih menjadi Institusi Edutech. Penerapannya pun sangat mudah, institusi pendidikan tidak perlu berinvestasi besar untuk pembangunan infrastruktur digital, karena aplikasi SEVIMA EdLink berbasis layanan cloud yang didukung oleh tim IT yang mumpuni.

Jangan sampai para alumni menjadi korban yang gagap menyongsong masa depan. Jadilah perguruan tinggi yang mampu membangun relevansi dalam dunia yang sedang terdisrupsi. Saatnya kampus Anda bertransformasi menjadi Institusi Edutech dengan SEVIMA EdLink.

Bagikan artikel ini

Komentar