5 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Diskusi bersama Pelaporan ke PDDIKTI via Neofeeder 2.3.0 Terbaru Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 04 Jan 2024

Apa itu LAM? Pengertian, Tugas, & LAM Resmi yang Diakui oleh BAN-PT

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM –  Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) adalah lembaga yang dibentuk pemerintah untuk melakukan akreditasi secara mandiri. Proses pengajuan akreditasi melalui LAM merupakan bagian krusial untuk menilai status dan mutu perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.  

Melalui proses pengajuan akreditasi yang telah melewati penilaian LAM, bisa menjadi bukti formal bahwa lembaga tersebut memiliki kompetensi sesuai standar yang berlaku. Lantas seperti apa itu LAM? Berikut pembahasannya.

Apa Itu LAM?

Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) adalah badan akreditasi yang diluncurkan oleh Kemendikbud pada tahun 2022 sebagai peralihan akreditasi program studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hadirnya LAM telah disesuaikan dengan UU No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi sebagai upaya menjamin mutu dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 

Peluncuran LAM terbagi menjadi 5 LAM yang disesuaikan dengan bidang ilmu program studi. Melalui LAM, diharapkan dapat relevan dengan standar kebutuhan dunia profesi.  Sehingga diharapkan penjaminan mutu melalui LAM diharapkan dapat membantu Kemendikbudristek mengetahui kualitas suatu program studi dan memudahkan evaluasi. 

Tugas LAM

LAM memiliki tugas utama antara lain: 

  • Pembuatan alat evaluasi untuk menilai Program Studi berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  • Melaksanakan proses evaluasi terhadap Program Studi.
  • Mengeluarkan, mengubah, atau mencabut keputusan terkait peringkat Akreditasi Program Studi.
  • Membangun serta memperluas jaringan hubungan dengan pihak-pihak yang memiliki kepentingan, baik dalam skala nasional maupun internasional; dan lain sebagainya.

Baca juga: Aturan Akreditasi Perguruan Tinggi Ganti, Bagaimana dengan Akreditasi Lama?

LAM Resmi yang Diakui

Berdasarkan tugasnya tersebut, LAM juga terbagi ke beberapa kelompok yang akan disesuaikan dengan program studi. Berikut adalah LAM resmi yang dapat diakui secara resmi:

1. LAMSAMA

Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA) adalah badan evaluasi mandiri untuk program studi sains dengan standar akreditasi internasional. LAMSAMA kini siap berkolaborasi dengan lembaga akreditasi serupa di seluruh dunia untuk standar yang terbaik. Lulusan program yang diakreditasi oleh LAMSAMA harus menunjukkan penguasaan dalam bidang ilmu tertentu serta skill yang telah dinilai secara ketat.

2. LAMEMBA

 Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) adalah lembaga akreditasi untuk bidang Ekonomi, Manajemen Bisnis, dan Akuntansi yang didukung oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI).

3. LAM DIK

Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) adalah  badan evaluasi akreditasi di program studi bidang pendidikan yang telah ada sejak tahun 2019. Melalui LAM ini, program studi akan dinilai secara ketat sesuai standar ilmu di bidang kependidikan. 

4. LAM-PTKes

Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAMPT-Kes) atau Indonesian Accreditation Agency for Higher Education in Health (IAAHEH) adalah lembaga akreditasi yang fokus pada bidang kesehatan. 

Hadirnya LAM PT-Kes ini diawali oleh Health Professional Education Quality Project (HPEQ Project) pada tahun 2009 hingga 2014. Keberadaan LAM-PTKes dianggap sebagai titik balik bagi Indonesia karena merupakan lembaga pertama yang memiliki kewenangan untuk mengakreditasi program studi di berbagai profesi kesehatan.

5. LAM TEKNIK

LAM TEKNIK adalah badan akreditasi mandiri yang diusung oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk mengelola dan mengevaluasi proses akreditasi program studi di bidang keteknikan. Program studi yang berhubungan dengan teknik dapat melakukan pengajuan akreditasi melalui lembaga ini. 

6. LAM INFOKOM

Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM) adalah lembaga akreditasi untuk program studi di bidang Informatika. Lembaga ini didirikan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM), Association for Information Systems Indonesia (AISINDO), Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society (INDOCEISS) untuk mengelola dan mengevaluasi proses akreditasi program studi di bidang tersebut agar memiliki standar yang tinggi.

Sistem Informasi Akademik yang Sudah Support Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM)

SEVIMA Platform kini telah support akreditasi LAM dengan menawarkan Sistem Informasi Akademik yang dilengkapi dengan fitur-fitur terkini untuk mengikuti perkembangan regulasi pemerintah di pendidikan tinggi. Ini meminimalisir kerumitan Admin perguruan tinggi dalam penginputan data ulang dengan fitur ekspor data ke format database yang dibutuhkan untuk pelaporan DIKTI dan akreditasi.

Berikut adalah keunggulan sistem akademik yang membantu kampus raih akreditasi:

  1. Alat rekam segala aktivitas kampus
  2. Selalu up-to-date dengan regulasi 
  3. Langsung terintegrasi dengan PDDIKTI

Tidak hanya itu, sistem ini juga sudah dilengkapi dengan simulasi akreditasi yang dapat memberikan kesempatan Anda untuk mencoba melihat hasil akreditasi melalui simulasi yang disediakan SEVIMA Platform.

Baca juga: UNIBBA Berhasil Raih Akreditasi “Baik Sekali”, Berkat Dukungan SEVIMA Platform dalam Administrasi dan Pelaporan PDDIKTI

SEVIMA Platform menawarkan sejumlah keunggulan dalam Sistem Informasi Akademik yang mendukung akreditasi LAM. Kemudahan dalam pembuatan laporan serta kemampuan untuk menyusun borang untuk persiapan akreditasi atau reakreditasi telah tersedia. 

Jadi, yuk mari beralih ke Sistem Informasi Akademik SEVIMA Platform yang sudah terintegrasi. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di sini atau kunjungi website kami di SEVIMA.COM. Tim kami siap membantu menjawab pertanyaan Anda.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

Artikel Sebelumnya SEVIMA Kenalkan Sistem Akademik Terintegrasi Tata Kelola Perguruan Tinggi ke STIKES Kendedes Artikel Selanjutnya SEVIMA Luncurkan Personalisasi Portal Karir SEVIMA Platform
×