Dunia Kampus | Dunia Mahasiswa

Apa itu Program Kuliah Jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau)?

SEVIMA.COM – Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) rupanya tengah diselenggarakan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Banyak kampus yang tengah gencar mempersiapkan program yang satu ini untuk bisa diikuti oleh para angkatan kerja. Tujuan terlaksananya program ini tidak lain untuk meningkatkan kualitas angkatan kerja di Indonesia.

Dikutip dari https://dikti.kemdikbud.go.id/, bahwa program RPL ini sudah disesuaikan dengan Permenristekdikti No.26 Tahun 2016. Yang mana dijelaskan bahwa pedoman RPL tersebut sudah sangat jelas dan mengacu pada landasan hukum Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003. Sehingga RPL ini  penting untuk keberlangsungan dunia pendidikan di tanah air. 

RPL sendiri merupakan sebuah implementasi dari pembelajaran seumur hidup. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja yang terdidik dan berkeahlian. Harapannya kesempatan luar bisa didapatkan ketika menggunakan program RPL. 

Baca juga: Apa Itu Jurusan RPL & Apa Saja Keunggulan Jurusan RPL?

Bagaimana sistem pendidikan yang diterapkan pada RPL ini?

RPL biasanya diikuti oleh para calon mahasiswa yang sudah memiliki pengalaman kerja. RPL ini menggunakan sistem pembelajaran dengan metode Satuan Kredit Semester (RPL) di dalam perkuliahan. Yang mana SKS tersebut didapatkan dari pengalaman calon mahasiswa saat mengikuti kegiatan bersertifikasi dan juga pengalaman kerja. Biasanya jumlah maksimal mata kuliah yang diperoleh tersebut akan diakui sebanyak 15 mata kuliah.

Apa keuntungan mengikuti Program RPL ini?

1. Bisa lulus lebih cepat

Proses perkuliahan dengan menggunakan program RPL ini akan lebih singkat. Sehingga mahasiswa yang mengikuti program RPL ini akan lulus lebih cepat daripada jalur reguler. Pengalaman kerja yang sudah diikuti oleh para mahasiswa ini kemudian bisa diakui dan ditranskripsikan melalui nilai. 

2. Hemat biaya kuliah

Karena masa studinya singkat, maka pengeluaran biaya yang diambil juga lebih hemat. Dengan begitu bisa dipastikan jika proses pembayaran uang kuliah akan jauh lebih murah. 

3. Skill lebih terasah

Skill yang sudah dimiliki dan berpengalaman tersebut bisa lebih terasah saat mengikuti program ini. Skill yang dimiliki tersebut akan digabungkan dengan ilmu basic dari jurusan yang kamu ikuti. Jadi proses pembelajaran akan jauh lebih mudah dan pastinya sangat berguna saat lulus nanti. 

Nah, dengan mengikuti program RPL tersebut diharapkan para angkatan kerja bisa lebih berkembang. Tak hanya itu, kegiatan belajar mengajar di dunia pendidikan tinggi juga bisa lebih tercapai maksimal.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar