Apa Itu Uang Kuliah Tunggal (UKT) & Biaya Kuliah Tunggal (BKT)?

Dunia Kampus
 

adminweb

 

25 Maret 2019

SEVIMA.COM – Bagi Kamu yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri, pasti mendengar yang namanya Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau Biaya Kuliah Tunggal (BKT). Namun kamu belum familiar dengan yang namanya “UKT dan BKT” ini padahal kalian harus sudah menggunakan sistem ini jika kuliah di PTN. Apa itu sebenarnya BKT dam UKT? Kita kita akan bahas satu-satu secara lengkapnya. Jangan khawatir, yuk mengenal apa itu UKT & BKT

Mengenal UKT dan BKT

Uang Kuliah Tunggal (UKT)

UKT adalah singkatan dari Uang Kuliah Tunggal, yang merupakan sebuah sistem pembayaran yang saat ini berlaku untuk seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia . Ketentuan ini diberlakukan berdasarkan Permendikbud No. 55 Tahun 2013 pasal 1 ayat 3, yakni setiap mahasiswa hanya membayar satu komponen saja per semester. Nah kalau BKT apa?

Biaya Kuliah Tunggal (BKT)

BKT atau yang disebut Biaya Kuliah Tunggal merupakan biaya keseluruhan operasional keseluruhan per mahasiswa setiap semesternya pada setiap program studi. Mengingat BKT yang terbilang cukup mahal, pemerintah memberikan bantuan operasional kepada setiap PTN dalam proses belajar mengajar yang disebut BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri).

Jadi UKT merupakan hasil dari BKT yang dikurangi BOPTN.

UKT = BKT – BOPTN.

Lalu, Apa Manfaat UKT bagi Mahasiswa?

UKT berfungsi memberi subsidi silang yang didasarkan pada kondisi ekonomi dan sosial orang tua/wali setiap mahasiswa. Jadi sistem ini mengacu kepada pendapatan orang tua mahasiswa, semakin tinggi pendapatan orang tua maka semakin tinggi pula UKT yang harus dibayar, sebaliknya semakin rendah penghasilan orang tua maka semakin rendah pula biaya UKT yang harus dibayarkan. Diharapkan dapat memberikan dampak pemerataan untuk setiap mahasiswa dan membantu mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bagaimana Cara Menentukan Besaran UKT?

UKT ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua. Sebelum memasuki perkuliahan, calon mahasiswa akan disuruh untuk mengisi form online untuk menentukan nilai nominal UKT. Nilai UKT ditinjau dari pendapatan orang tua/bulan, gaji & tunjangan, luas tanah, banyak rumah, banyak mobil, banyak motor, juga pengeluaran seperti biaya hidup, biaya pendidikan anak dan sebagainya.

UKT Dibagi Menjadi Dua

UKT Berkeadilan

UKT berkeadilan, yaitu UKT yang ditentukan setelah mengisi form jadi ada beberapa kategori besarannya, dimulai dari kategori paling kecil Rp. 500 hingga kategori terbesar mencapai puluhan juta rupiah.

UKT Penuh

UKT penuh, bagi yang tidak ingin mengisi form-nya bisa langsung mengambil UKT penuh sehingga akan mendapat kategori paling besar.

Kapan UKT di bayar?

UKT dibayarkan setiap memulai awal semester baru. Dan TIDAK ADA lagi pemungutan biaya untuk gedung, SOP, BOP, SPMA, biaya KKN, wisuda, dll. Itu dikarenakan sudah diintregasikan di dalam UKT. Jadi kalau ada pemungutan biaya di atas, pertanyakanlah kepada dekan atau orang-orang terkait. Semoga membantu.

SEVIMA Take IT Easy

Download WordPress ThemesDownload Premium WordPress Themes FreeDownload Nulled WordPress ThemesDownload Premium WordPress Themes Freeudemy paid course free downloaddownload lava firmwareDownload WordPress Themesudemy paid course free download

Komentar :