Aplikasi Online | Info Sentra Vidya Utama | Seputar Pendidikan

Aplikasi KarirLink, Bantu Fresh Graduate Temukan Kerja Pertama

SEVIMA.COM – SEVIMA baru saja meluncurkan aplikasi baru yaitu KarirLink. Aplikasi ini akan mewadahi dan membantu lulusan perguruan tinggi yang baru menyelesaikan pendidikan untuk menggapai pekerjaan impian.

Sugianto Halim, Chief Exceutive Officer SEVIMA mengatakan, KarirLink bertujuan untuk membantu lulusan baru (fresh graduate) universitas mendapatkan pekerjaan pertama dan menghubungkan dengan peluang karier yang ada di perusahaan.

“Kami mengembangkan KarirLink sebagai sebuah solusi yang bisa membantu lulusan Universitas mendapatkan pekerjaan pertama,” ungkap Halim dalam acara Soft Launching KarirLink (15/09/2021).

Bukan hanya membantu lulusan Universitas, KarirLink juga digadang-gadang dapat menyelesaikan masalah besar perguruan tinggi yang sering terjadi tiap tahun, yaitu sulitnya melaksanakan tracer study.

“Kami juga sangat optimis, KarirLink ini dapat membantu pengelola Universitas melakukan tracer study, dan membantu industri mendapatkan tenaga kerja yang kompeten langsung dari lulusan universitas.” Jelasnya

Serupa dengan Halim, Valda selaku Product Manager KarirLink mengungkapkan, KarirLink akan membantu lulusan kampus mendapat pekerjaan pertama‎ yang menjadi awal karir, serta terus mengembangkan talenta sehingga dapat mengembangkan karir di masa depan.

“Kami mengembangkan aplikasi ini untuk memfasilitasi mahasiswa yang baru lulus dari perguruan tinggi untuk mendapatkan kerja, dan memfasilitasi perguruan tinggi dalam mensukseskan program tracer study guna mendukung perjalanan program SDM unggul dari pemerintah,” tandas Valda

Valda juga membeberkan masalah yang terjadi terkait pelaksanaan tracer study di perguruan tinggi. Tracer study kerap dilaksanakan hanya jika ada akreditasi di perguruan tinggi. Padahal, menurut Valda, tujuan tracer study seharusnya adalah untuk mendapatkan timbal balik (feedback) dari alumni perguruan tinggi guna perbaikan sistem dan kurikulum kedepannya.

“Pelaksanaan tracer study ini penting dilakukan kampus, sebagai jaminan lembaga pendidikan yang baik harus mengevaluasi lulusannya, terkait pendidikan dan kaitannya dengan dunia kerja. Tracer study kerap tidak dilakukan di perguruan tinggi karena evaluasi pendidikan belum dianggap penting,” imbuhnya.

Untuk itu, Aplikasi KarirLink ini hadir, menjadi wadah dan penghubung antara perguruan tinggi dengan segudang talenta mudanya, dengan pihak industri yang membutuhkan SDM yang unggul dan bertalenta.

Valda juga mengungkapkan, untuk pertama kali sebagai piloting, ada lima perguruan tinggi yang siap mengimplementasikan KarirLink di perguruan tingginya.

“Untuk piloting, dalam acara soft launching ini ada lima perguruan tinggi yang siap mengimplementasikan KarirLink, yaitu ada; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Politeknik LPP Yogya, IAIN Parepare, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, dan STMA Trisakti Jakarta,” ujarnya

“Dan untuk rekan-rekan perguruan tinggi lain juga bisa menggunakan aplikasi KarirLink ini dengan cara mendownload di PlayStore atau AppStore dengan kata kunci; KarirLink.” Pungkas Valda

Bagikan artikel ini

Komentar