Info Sentra Vidya Utama | Teknologi | Webinar

Augmented Reality, Inovasi Pembelajaran Praktikum Kesehatan di Masa Pandemi

Kegiatan praktikum merupakan salah hal wajib yang dilakukan setiap mahasiswa program studi kesehatan. Kegiatan ini dinilai sangat kongkrit untuk mencapai capaian pembelajaran mahasiswa kesehatan. Selain itu, kegiatan praktikum juga membantu mahasiswa untuk menunjang skill yang dimiliki. Maka, bisa dipastikan bahwa kegiatan praktikum merupakan kunci dari proses pembelajaran perkuliahan mahasiswa kesehatan.

 Sayangnya, pandemi merubah segalanya. Setiap orang harus menjaga jarak, tak bisa melakukan kontak fisik, hingga melakukan aktivitas pendidikan di rumah sakit. Ini sangat menyulitkan seluruh mahasiswa dan dosen program studi kesehatan. Walhasil, seluruh kegiatan praktikum pun tidak bisa berjalan semestinya. 

Meski dinilai sulit, melakukan pembelajaran secara online rupanya bisa menjadi salah satu opsi untuk mengantisipasinya. Kegiatan praktikum yang semula dilakukan di laboratorium dan rumah sakit tampaknya bisa dilakukan melalui media online. Nah, agar kegiatan praktikum online bisa berjalan seperti biasanya, maka muncullah inovasi menarik tentang pemanfaatan teknologi Augmented Reality

Apa itu Augmented Reality?

Augmented Reality yang biasa disebut AR, merupakan teknologi dimana seseorang mengalaminya melalui video dan audio 3D. Ini sangat mudah diterapkan dalam praktikum dan skill lab mahasiswa kesehatan. 

Sebagai contoh praktikum farmakologi. Dengan menggunakan teknologi berbasis Augmented Reality ini, akan sangat membantu mahasiswa dalam praktikum farmakologi seperti halnya penyuntikan tikus menggunakan insulin. Praktikum ini menggunakan visualisasi 3D yang sangat membantu mahasiswa untuk bisa mengetahui cara kerjanya dengan benar. Sehingga, ketika mahasiswa membuat laporan praktikum, mereka bisa membuat laporan tersebut dengan baik. 

 Untuk membahas lebih detail mengenai cara kerja pemanfaatan Augmented Technology ini, SEVIMA mengajak Anda untuk bergabung dengan di Webinar: “Langkah Tepat Menyiasati Praktikum Prodi Kesehatan di Masa Pandemi” tentunya dengan pembicara terbaik dan berpengalaman, yaitu Dr. Susi Hartati, S.Kp., M.Kep., Sp.Kep.Anv (Ketua STIKes Mitra Keluarga) dan Kholid Fathoni, S.Kom., M.T. (Dosen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya).

Webinar ini diselenggarakan esok hari pada hari Selasa, 15 Desember 2020. Mau tau lebih jelas seputar kegiatan tersebut? Langsung saja daftarkan diri Anda sekarang: https://bit.ly/webinar-prodikesehatan

 

Bagikan artikel ini

Campuspedia
Instagram
Komentar
[gs-fb-comments]