Featured | Lawan Covid-19

Bagaimana Cara PTS Bertahan saat Pandemi?

SEVIMA.COM – Perguruan Tinggi Swasta (PTS) harus mempertimbangkan pengeluaran di masa pandemi virus korona (covid-19). PTS sebisa mungkin melakukan efisiensi akibat memburuknya finansial kampus.

“Dalam situasi ini maka tak ada jalan bagi PTS untuk melakukan efisiensi di segala lini, menunda pembangunan dan pembelian sarana prasarana yang tidak mendesak,” kata Rektor Universitas Widya Mataram, Edy Suandi Hamid yang disadur dari Medcom.id.

Pemasukan PTS diprediksi akan tersendat dari mahasiswa sebagai sumber keuangan. Dia menyebut kondisi ekonomi mahasiswa yang rentan bisa jadi berimbas terhadap kemampuan finansial kampus.

“Ini situasi yang sangat sulit, bagi mahasiswa dan PTS, utamanya PTS kecil menengah. Di satu sisi menghadapi penundaan pemasukan dari uang kuliah mahasiswa, dan potensi penurunan mahasiswa baru,” jelas Edy.

Banyaknya mahasiswa lama yang mengajukan cuti juga menjadi persoalan. Sebab, kampus harus tetap membiayai operasional, termasuk gaji dosen dan karyawannya.

Edy mengatakan berat bagi kampus mengambil kebijakan pemotongan gaji karyawan atau bahkan merumahkannya. Namun, kata dia, situasi itu bukan isapan jempol bila tak ada perubahan kondisi finansial.

“Namun tentu itu kalau sudah tidak ada jalan lain. Jalan lain itu misalnya pemotongan gaji, minta dukungan Badan Penyelenggaranya menutup kekurangan, meminjam pihak ke tiga dan sebagainya,” lanjut Edy.

Edy menuturkan perguruan tinggi harus prihatin dan kerja keras atas kondisi ini. Satu-satunya peluang yang bisa dioptimalkan adalah digencarkannya penerimaan mahasiswa baru.

“Usaha promosi, cari mahasiswa baru juga harus dilakukan, karena bagi PTS, cash flownya sangat bergantung pada mahasiswa. Ini bisa juga mencarikan sponsor beasiswa bagi mahasiswa barunya dari perusahaan atau pihak lainnya,” ujarnya

Untuk perguruan tinggi yang ingin bertahan di masa sulit ini, yuk bergabung di WEBINAR “Normal Baru: Strategi Perkuat Sistem & Keuangan Perguruan Tinggi” segera Daftar Gratis! disini: bit.ly/pinteksevima

sumber: https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/3NOGz9pN-efisiensi-semua-lini-cara-pts-bertahan-saat-pandemi

Bagikan artikel ini

Komentar