support@sevima.com

 +62 31 8722719


Teknologi 

Bagaimana Etika Komunikasi Menggunakan BlackBerry Messenger

 

adminweb

 

27 Agustus 2012

Tips Blackberry Etika Komunikasi Menggunakan BBM (BlackBerry Messenger)

SEVIMA.COM – BBM merupakan salah satu aplikasi penting yang sepertinya hampir semua orang memilikinya.
Komunikasi dengan teman, relasi, kolega dan lain-lain menjadi lebih mudah, lebih cepat, lebih pasti dan biaya menjadi lebih murah krn bisa menghemat biaya SMS dan telpon. Baca juga Kumpulan Tips Merawat BlackBerry Terbaru 2012 Dengan Mudah.

Tapi apakah Anda mengetahui bahwa komunikasi dalam ber-BBM juga ada etikanya? Yuk, kita simak tips Komunikasi Menggunakan BBM yang kami ulas berdasarkan pandangan mata dan masukan dari teman-teman.

Dengan BBM, privasi Andapun menjadi berkurang, karena Anda bisa dihubungi setiap saat.
Lalu bagaimana kita menjaga agar teman Anda tidak terganggu privasinya? Mungkin bisa diikuti tips ber-bbm an dari kumpulantips.info ini:

Etika Komunikasi Menggunakan BlackBerry Messenger

1.Apabila memanggil teman di BBM, janganlah Anda melakukan PING!! terlebih dahulu. Sapalah dengan baik, tanyakan sedang sibuk atau tidak apabila memang ada keperluan.

2.Gunakan PING!!! untuk memanggil apabila setelah Anda menyapa tidak ada jawaban. Tetapi gunakan PING!!! dengan bijakasana. Jangan PING!!! Berkali2 dalam setiap hitungan detik. Mungkin teman Anda sedang sibuk.

3.Hargai teman Anda yang memasang status icon “Busy” janganlah privasi diganggu dengan memanggilnya pada tengah malam, atau memang sedang sibuk di siang hari. Meskipun banyak juga yang memasang status busy tetapi mungkin memang sedang santai, tetapi tidak ada salahnya menegur sapa seperti yg sudah dijelaskan di poin 1.

4.Pada BBM mempunyai fitur pada pesan yang sudah terkirim dengan tanda check dan berhuruf “D” yang berarti pesan tersebut sudah terkirim dan berubah menjadi “R” atau Read yang berarti pesan tersebut sudah dibuka dan dibaca. Apabila pesan tersebut masih dalam kondisi “D” atau delivered dan belum dibaca untuk waktu lama, usahakan jangan meng PING!!! hingga berkali-kali, karena kalau memang dia sudah membacanya pasti akan dibalas. Apabila penting sekali dan butuh jawaban yang cepat silahkan gunakan BlackBerry Anda untuk menelpon teman Anda.

5.Jangan pernah menggunakan fitur Broadcast Message untuk hal-hal yang berisi info hoax (berita bohong), jokes of the day dan sejenisnya. Karena tidak semua orang mau membaca isinya.

Demikian Tips Blackberry Etika Komunikasi Menggunakan BBM (BlackBerry Messenger) ini semoga bisa Anda manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dalam menggunakan blackberry.

SEVIMA : Take IT Easy

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami