support@sevima.com

 +62 31 8722719


Akreditasi 

Baru, BAN-PT Luncurkan Instrumen Akreditasi IAPS 4.0 2018

 

adminweb

 

31 Juli 2018

SEVIMA.CO.ID – Pada tahun ini Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT, meluncurkan instrumen baru untuk akreditasi program studi perguran tinggi. Instrumen baru tersebut berbasis outcome dan output yang kemudian dinamankan IAPS 4.0, atau Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0.

Dilansir dari laman berita viva.co.id bahwa Direktur Eksekutif BAN-PT T Basaruddin menjelaskan, instrumen berbasis outcome tersebut merupakan instrumen yang ditujukan untuk memotret kualitas PT. Tidak hanya berdasarkan seberapa banyak PT memiliki kapasitas akademik tapi juga seberapa banyak mahasiswa yang didiknya memanfaatkan fasilitas akademik tersebut.

“Contoh misalnya dahulu kami menanyakan berapa banyak buku atau jurnal yang mereka punya. Tapi sekarang lebih diperbesar porsinya terhadap, misal dari sisi pengetahuan atau minat bacanya, atau statistik kunjungannya atau hit online dokumennya,” ujarnya dalam konferensi pers peluncuran IAPS 4.0, Jakarta, Kamis, 26 Juli 2018.

Dia mengatakan, pengembangan instrumen ini di dasari atas Permenristekdikti No.32/2016, sehingga pengembangan IAPS terus dilanjutkan dengan terus memanfaatkan peran teknologi.

“Manfaatnya lebih cepat, jadi kalau Anda lihat dahulu antara penetapan kami sampai dengan sampainya SK (Surat Keputusan) ke perguruan tinggi sampai dua bulan untuk pengiriman dokumennya saja. Saat ini bisa hanya 24 jam setelah kita tetapkan SK dan sertifikat sudah bisa di download oleh PT,” kata dia.

Dalam surat edaran, IAPS 4.0 ini akan mulai efektif diterapkan 1 Januari 2019. Sehingga, usulan akreditasi yang disampaikan mulai 1 Januari 2019 sudah harus menggunakan instrumen IAPS 4.0. Sementara, usulan akreditasi yang diterima sebelum 1 Januari 2019 masih menggunakan instrumen yang berlaku saat ini.

“BAN-PT akan menyelenggarakan pelatihan untuk penggunaan IAPS 4.0 mulai Oktober 2018. Pelatihannya akan diselenggarakan bekerjasama dengan Kopertis, asosiasi perguruan tinggi, serta pihak-pihak lain yang terkait,” tutur Basaruddin.

Sementara itu, Dirjen Kelembagaan, Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Patdono Suwignjo mengungkapkan, IAPS 4.0 sesuai dengan sasaran strategis kementerian yang menitik beratkan peningkatan mutu dari PT. Download surat edaran: Peluncuran Instrumen Akreditasi versi 2018

Sumber: viva.co.id dan ristekdikti.co.id

Baca Juga: 

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami