support@sevima.com

 +62 31 8722719


Aplikasi Online Teknologi Tips & Trik 

Perhatikan, Inilah 7 Hal Penting Dalam Memilih Konsultan IT

 

adminweb

 

18 April 2018

SEVIMA.CO.ID – Sekarang ini, peranan IT (Information technology) dalam keidupan manusia sudah semakin penting. Karena seiring dengan perkembangan IT tersebut manusia banyak melakukan pekerjaannya di depan komputer maupun dengan menggunakan handphone untuk komunikasi. Hampir semua pekerjaan dan kegiatan sehari hari pun selalau diwarnai dengan sesuatu yang berhubungan dengan IT.

Oleh karena itu harus ada yang berperan sebagai konsultan IT yang tujuannya membantu klien dan konsumen IT dalam menerapkan teknologi informasi sesuai tujuan dari organisasi, kampus, perusahaan, bahkan perorangan sehingga meningkatkan kinerja bisnis.

Selain itu organisasi atau perguruan tinggi juga bisa menggunakan konsultan IT sebagai tempat untuk mengadu jika tiba tiba sistem atau komputer diperusahaan anda terjadi stuck. Tentu saja memilih konsultan IT yang pas dan cocok tidaklah mudah, karena banyak diantara mereka yang menyamar menjadi konsultan abal abal dengan kinerja yang sangat lemot dan hasil yang tidak memuaskan.

Nah, untuk itu anda harus memperhatikan setiap skil dan kompetensi pada konsultan IT yang ingin anda pilih. Oleh karena itu, kami merangkum beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam memilih konsultan IT.

Berikut hal penting dalam memilih konsultan IT :

1. SMART and Solution

Sudah barang tentu, sebagai konsultan harus Smart dan Solutif. Smart and solution maksudnya kampus anda yang sudah mengeluarkan banyak uang untuk IT dan konsultannya wajib mendapatkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan yang diharapkan, untuk itu perguruan tinggi anda harus memperhatikan kinerja yang dari konsultan IT terutama dalam bidang kepandaian dalam mengelola, menciptakan, dan memperbaiki sistem/produk yang ada di perguruan tinggi anda.

Bukan hanya itu konsultan IT juga harus memiliki kemampuan dalam membari solusi yang tepat guna jika terjadi masalah dan keluhan pada perusahaan dengan indentifikasi permasalahan dilakukan dengan benar dan tepat.

2. Berpengalaman dalam implementasi

Konsultan IT yang bagus adalah konsultan yang mampu dan sudah menyelesaikan banyak kasus dengan hasil yang memuaskan dengan permasalahan yang tidak mudah. Jika terbukti konsultan IT yang anda pilih sudah menyelesaikan masalah berbeda diberbagai kampus itu berati konsultan IT tersebut sudah layak untuk dipilih.

3. Legalitas dan Kemampuan keuangan

Jadi konsultan IT yang sudah memiliki surat izin seperti CV dan PT bisa lebih profesional dan sangat cocok bagi anda yang mengelola pergruan tinggi atau organisasi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan kalau banyak juga konsultan IT perseorangan yang memiliki kinerja bagus.

Bukan hanya itu, faktor kemampuan keuangan juga sangat berhak untuk anda tahu, jadi sebelum mengontrak konsultan IT anda harus tau laba rugi yang dihasilkan.

4. SDM yang Berkompeten

Konsultan IT tentu harus didukung dengan SDM (sumber daya manusia) yang berkompeten dalam dunia IT, bukan hanya banyak-nya orang tapi lebih banyaknya pengalaman dan kempetensi yang dimiliki. Oleh karena itu penting bagi perguruan tinnggi untuk memperhatikan SDM perusahaan yang akan dijadikan konsultan IT.

5. Punya SLA dan Harga yang Proporsional

Salah satu ciri konsultan IT yang profesional adalah mempunyai SLA (Service Level Agreement) sebagai penjamin kualitas dan dukungan purna jual dari kontraktor kepada organisasi atau perusahaan. Selain itu harga juga patut anda jadikan tolak ukur, karena biasanya pengelolaan sistem informasi membutuhkan biaya yang besar.

6. Kualitas Portfolio dan punya Formasi Profesional

Kualitas portofolio maksudnya adalah memiliki pengalaman dalam mengimplementasikan produk, sistem atau aplikasi dibeberapa tempat. Hal ini sangat penting untuk karena akan menghindari trial and error yang dilakukan oleh pakar maupun fresh graduate.

Sedangkan konsulltan IT yang memiliki formasi profesional juga sangat berguna karena CV tersebut dapat menempatkan individu atau karyawan-nya sesuai dengan kemampuan, pengalaman serta passion yang dimiliki sehingga akan meningkatkan kinerja dalam proses konsultasi.

7. Memiliki banyak mitra kerja

Jumlah dan banyaknya mitra kerja loyal yang sudah menjadi konsumen konsultan IT juga sangat penting untuk menjadi tolak ukur dalam memilih konsultan IT yang bagus bagi perusahaan. Mintra kerja yang loyal itu ada kerana konsultan itu sendiri semakin banyak diberikan pelayanan akan semakin banyak pula mitra kerja yang dimiliki.

Demikianlah artikel menyangkut hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih konsultan IT bagi perusahaan anda. Bagi anda yang ingin mencari pakar konsultan IT untuk kampus/perguruan tinggi anda, SEVIMA siap menjadi solusi yang tepat untuk kampus anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

SEVIMA : Take IT Easy

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami