Flash News

Belajar Autodidak, Kini Ahmad Soenoko Jadi Rujukan Operator Kampus se-Jawa Tengah

SEVIMA.COMMenjadi seorang operator kampus merupakan hal baru bagi Ahmad Soenoko, M.Pd. Meski demikian tak menjadi halangan bagi pria yang sebelumnya merupakan kepala TU di sebuah MTS tersebut. Bahkan dirinya terus mengembangkan diri dengan belajar secara autodidak. 

Ahmad bercerita sebelum menjadi operator dirinya hanya diminta untuk membantu rekan operator yang sedang melakukan ibadah haji. Saat itu dirinya benar-benar tidak mengerti mengenai dunia operator kampus.

“Awal mula jadi operator karena operator lama sedang pergi haji. Pada saat itu saya diminta hanya mengurus pengajuan NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) saja,” kata Ahmad kepada SEVIMA, Jumat (13/1/2023).

Namun setelah dirinya mempelajari lebih dalam ternyata, tuga operator sangat penting bahkan menjadi ujung tombak dalam pelaporan data ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Mengetahui hal itu dirinya merasa tertantang untuk mempelajari lebih lanjut secara autodidak.

Bersamaan dengan itu, dirinya menginstal aplikasi Feeder dan harus memasukan data mahasiswa hingga dosen dari pertama kampus berdiri yakni tahun 2012-2015. Dirinya hanya memiliki waktu satu minggu untuk menginput data yang jumlahnya sangat banyak itu.

“Saat pelatihan (operator) saya minder karena belum tahu apa-apa, saat itu dapat user baru seminggu dan harus memasukan seluruh data yang ada di PDDIKTI, akhirnya saya utak atik sendiri,” ucapnya.

Berkat ketekunannya dirinya berhasil memasukan seluruh data dalam waktu satu minggu. Tidak hanya itu, saat diperiksa oleh tim Pokja hasilnya memuaskan karena tidak ada yang salah dalam pengisian data.

“Belajar autodidak istilahnya utak atik mathuk dan alhamdulillah setelah dicek sama tim Pokja dari sekian yang ada di Jawa Tengah saya tidak salah sama sekali. Kesan pertama saya yang paling hebat di antara operator lama,” ucapnya.

Ahmad pun dinobatkan sebagai Koordinator Perguruan Tinggi se-Jawa Tengah hingga saat ini. Bahkan dirinya memberikan pelatihan bagi teman-teman operator lain yang membutuhkan bimbingan. Ahmad tak keberatan jika harus diminta datang langsung ke kampus untuk membimbing operator.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar