Cara Agar Perguruan Tinggi Siap Bertransformasi Digital

Aplikasi OnlineFeaturedsiAkad Cloud
 

adminweb

 

04 Februari 2020

SEVIMA.COM – Istilah Era digital sering digunakan dalam kemunculan digital, jaringan internet khususnya teknologi informasi komputer. Internet sudah menjadi tidak asing lagi bagi orang-orang. Saat ini, internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari kita, seakan tidak bisa hidup tanpa internet.

Perkembangan era digital yang pesat saat ini, sangat membantu masyarakat dunia memberikan kemudahan layanan dan cakupan tanpa batas tak terkecuali untuk perguruan tinggi. Terlebih lagi untuk mahasiswa generasi millennial atau generasi Z tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi digital, baik itu untuk kehidupan sehari-hari maupun pada kegiatan kampus.

Untuk itu, perguruan tinggi sudah semestinya memberikan pelayanan berbasis digital untuk mahasiswa generasi millennial atau generasi Z saat ini, berikut cara agar kampus siap berbasis digital.

1. Membekali staf kampus dengan keterampilan digital

Kunci untuk menyediakan lingkungan digital yang tepat adalah anggota staf yang terlatih dan terlibat penuh dalam merancang dan memberikan pemahaman penggunaan teknologi pada mahasiswa. Untuk itulah pentingnya perguruan tinggi bekerja sama dengan konsultan IT yang siap mengantarkan perguruan tinggi untuk berbasis digital

Kita semua tahu, mengelola birokrasi kampus tentu bukan pekerjaan mudah. Namun, beranjak menggunakan digital adalah keharusan agar perguruan tinggi tetap bertahan di era digital ini.

2. Mengembangkan lingkungan virtual yang tepat

Selain melatih staf, universitas juga mulai berpikir tentang bagaimana mereka harus menciptakan pengalaman belajar dan ruang yang memenuhi kebutuhan mahasiswa di masa depan. Lingkungan belajar tidak diperbaiki dan teknologi jauh dari statis, jadi alih-alih mengembangkan ruang belajar digital baru, universitas mungkin lebih baik menanamkan teknologi digital di ruang yang sudah mereka miliki.

Daripada berinvestasi dalam ruang dan tempat fisik, kita perlu berinvestasi pada orang-orang yang dapat memberikan keterampilan digital yang relevan kepada mahasiswa mereka. Dalam membina lingkungan yang tepat untuk pembelajaran digital, universitas memiliki peluang nyata untuk meningkatkan keterampilan di setiap tingkatan.

Tetapi mengubah universitas berbasis digital yang berjalan lancar adalah tugas besar. Dibutuhkan pendekatan organisasi holistik, yang melibatkan kolaborasi antara mahasiswa, tim kurikulum, manajemen, rektor maupun senat kampus.

Lalu, adakah sistem yang membantu untuk memulai kampus transformasi digital? Anda bisa menerapkan e-learning dengan SEVIMA EdLink atau ingin penerapan sistem informasi akademik untuk smart campus bisa dengan siAkad Cloud yang telah digunakan lebih dari 200 perguruan tinggi.

Download WordPress Themes FreeDownload Best WordPress Themes Free DownloadPremium WordPress […]

Berita dari CampusPedia :


Komentar :