12 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Mahasiswa • 24 Feb 2022

Cara Daftar KIP Kuliah 2022, Cek Syarat dan Ketentuannya

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022 resmi dibuka. Bagi kalian yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan biaya yang lebih terjangkau, dapat mendaftar KIP.

KIP merupakan program pendidikan yang diluncurkan oleh Kemendikbud untuk membantu calon mahasiswa yang mengalami kendala biaya. Bagaimana cara mendaftar KIP Kuliah 2022? Yuk simak cara dan syarat pendaftaran KIP Kuliah 2022 di bawah ini!

KIP Kuliah merupakan program yang diluncurkan oleh pemerintah untuk memberikan bantuan biaya pendidikan bagi siswa yang lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat dengan potensi akademik yang baik dan berasal dari keluarga yang keterbatasan ekonomi.

Sementara program KIP pada 2021, Kemendikbud Ristek telah mengubah skema KIP kuliah dengan memberikan bantuan pendidikan dan biaya hidup yang lebih tinggi.

Tujuan mengubah skema tersebut agar mendorong calon mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu tetap berprestasi sehingga berani melamar program studi unggulan di universitas (PTN maupun PTS) terbaik.

Apa Saja Keuntungan KIP Kuliah?

Kondisi ekonomi menjadi salah satu alasan anak-anak di sebagian daerah di Indonesia tidak melanjutkan sekolah, begitu pula untuk jenjang perguruan tinggi. Dengan mendapatkan KIP Kuliah, maka ada banyak keuntungan bagi calon mahasiswa, di antaranya:

  • Bebas biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (UTBK)
  • Bebas biaya kuliah yang langsung dibayarkan ke perguruan tinggi
  • Bantuan KIP Kuliah disesuaikan dengan kota tempat calon mahasiswa belajar
  • KIP Kuliah lebih banyak memberikan kesempatan untuk akses pendidikan vokasi
  • KIP Kuliah terintegrasi dengan beberapa kampus merdeka dan merdeka belajar di perguruan tinggi.
  • KIP kuliah terbagi menjadi dua kelompok yakni KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi untuk wilayah Papua, Papua Barat dan daerah 3T (terluar, tertinggal, terdepan)

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah

Berikut beberapa syarat yang dapat dijadikan referensi ketika akan mendaftar KIP Kuliah 2022:

  • Penerima KIP kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan dan dinyatakan lulus maksimal dua tahun sebelumnya.
  • Peserta memiliki NISN, NPSN, dan NIK yang valid
  • Memiliki potensi akademik yang baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi didukung dengan bukti dokumen yang sah (Kartus Indonesia Pintar/Kartu Keluarga Sejahtera/Program Keluarga Harapan/ serta mahasiswa panti asuhan)
  • Jika tidak tergolong pada poin diatas, calon mahasiswa membuktikan slip gaji gabungan orang tua maksimal Rp 4 juta.
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PS pada program yang terakreditasi.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah

Ada dua macam cara untuk melakukan pendaftaran KIP kuliah yakni

Mandiri

  • Siswa dapat melakukan pendaftaran secara online di laman kip-kuliah.kemendikbud.go.id
  • Masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif
  • Setelah dilakukan validasi, siswa akan menerima email berisi nomor pendaftaran dank ode akses
  • Pilih jalur seleksi yang diikuti seperti SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN dan Mandiri.
  • Pergurun tinggi akan memverifikasi data siswa yang lolos dari jalur seleksi
  • Apabila verifikasi berhasil, maka siswa berhak menerika bantuan KIP Kuliah

Pergurun Tinggi

Selain dilakukan secara mandiri, pendaftaran KIP Kuliah juga dapat dilakukan melalui perguruan tinggi. PTN maupun PTS akan mendaftarakan mahasiswa yang diterima dan melakukan registrasi KIP Kuliah.

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022

Sementara untuk jadwal, Kemendikbud Ristek sudah mengupdate melalui situsnya di kip-kuliah.kemendikbud.go.id.

Pendaftaran akun KIP Kuliah sudah dapat dilakukan, pasalnya sudah dibuka sejak 2 Februari 2022 dan akan berakhir pada 31 Oktober 2022.

Pastikan untuk selalu melihat situs Kemendikbud Ristek untuk update jadwal. Pasalnya, jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Demikian informasi mengenai KIP Kuliah 2022, pastikan calon mahasiswa memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Konten kerjasama dengan ZIGI.ID

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×