+62 812-9000-4560     support@sevima.com


Cara Memilih Sistem Keuangan Kampus yang Tepat

Dunia KampusSIM SEVIMA
 

adminweb

 

22 Mei 2019

SEVIMA.COM – Mengelola keuangan tentu bukan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dan ketelitian baik dalam menghitung, menginput, hingga membuat laporan keuangan. Kampus/universitas, menjadi salah satu instansi yang pengelolaan keuangannya cukup berat. Akuntan harus pandai-pandai memilah-milah dan memperhatikan betul. Karena keuangan kampus menjadi salah satu faktor penting penunjang pembangunan kampus.

Pada zaman teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini, Anda sudah dapat memanfaatkan software atau sistem keuangan untuk membantu pekerjaan Anda. Pada artikel kali ini, SEVIMA akan membahas beberapa cara dalam memilih sistem keuangan yang tepat untuk perguruan tinggi Anda.

Beberapa Cara Dalam Memilih Sistem Keuangan Kampus yang Tepat

1. Pilih Sistem Keuangan yang Sesuai Standar

Program dalam sistem keuangan harus menghasilkan laporan keuangan yang memenuhi standar laporan keuangan, kalau perguruan tinggi tentunya sesuai dengan standart Kemenristekdikti. Dengan mengikuti standart yang ditetapkan tentu aplikasi keuangan dapat dimanfaatkan dengan baik.

2. Pilih Sistem Keuangan yang Kredibel

Memilih Sistem atau aplikasi keuangan yang kredibel memang tidak mudah, dibutuhkan waktu, usaha yang sungguh-sungguh, ketelitian, dan kebijaksanaan dalam memilih sistem yang tepat. Keputusan dalam memilih sistem keuangan akan berpengaruh terhadap berbagai aspek, mulai dari aspek administrasi, keuangan, dan seluruh aktivitas perusahaan. Bila saat ini Anda salah dalam mengambil keputusan untuk memilih sistem keuangan, maka beberapa tahun ke depan kemungkinan besar Anda harus mengeluarkan dana lagi untuk mengganti sistem keuangan yang baru. Untuk itu, memilih sistem yang kredibel sangat diperlukan.

3. Memahami Kebutuhan Keuangan

Sebelum memilih aplikasi keuangan, Anda harus terlebih dulu menganalisis kebutuhan, baik dari aspek finansial maupun manajerial. Tidak perlu terburu-buru, luangkan waktu agar analisis kebutuhan Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul terkait dengan keuangan. Penuhi diri Anda dengan informasi mendasar tentang keuangan. Hal ini akan membantu Anda dalam pemilihan sistem yang tepat untuk perguruan tinggi anda.

Baca juga: Grand Launching Produk Baru: SEVIMA Finance Cloud

4. Memilih yang Berpengalaman

Salah satu yang tidak boleh terlewat ketika memilih sistem keuangan adalah memilih perusahaan yang telah berpengalaman atau sudah banyak berkecimpung dalam keuangan khususnya keuangan perguruan tinggi, karena nantinya sistem yang akan digunakan akan sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Menggunakan Teknologi Terkini

Pilihlah sistem keuangan yang menggunakan bahasa pemrograman yang terkenal alias tidak jadul. Software keuangan yang dipilih juga harus up to date serta tidak ketinggalan zaman sehingga user dapat dengan mudah mengoperasikannya. Dengan menggunakan teknologi terkini, setidaknya sistem tersebut akan dapat dipakai minimal lima tahun ke depan atau bahkan lebih. Namun, di era sekarang, Anda bisa memilih software akuntansi yang telah menggunakan teknologi berbasis Cloud, seperti SEVIMA Finance Cloud,

6. Memilih Sistem Keuangan yang Simple

Maksudnya memilih sistem keuangan yang simple ialah sistem atau aplikasi yang memang anda butuhkan, artinya fiturnya yang dipakai sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi anda, bukan sistem keuangan yang memiliki fitur yang seabrek namun tidak berguna karena tidak dibutuhkan.

7. Jangan Tergiur Harga Murah

Jangan memilih sistem keuangan yang terlalu murah, namun tidak perlu juga memilih yang sangat mahal. Karena, sistem keuangan yang murah umumnya tidak memiliki fitur yang lengkap. Berbeda dengan software yang cukup mahal, umumnya fiturnya cukup lengkap. Sehingga sangat tepat untuk memilih software yang sesuai budget dan juga fitur yang dipakai sesuai untuk kebutuhan kampus Anda.

SEVIMA Finance Cloud merupakan sistem keuangan yang dapat membantu Anda melakukan proses akuntansi kampus dengan tepat. Dengan Finance Cloud, seluruh data keuangan kampus Anda akan tersimpan dengan aman. Finance Cloud juga telah menggunakan teknologi berbasis Cloud yang memberikan kemudahan dalam menyimpan data keuangan hingga kemudahan dalam memonitor keuangan kapan saja dan di mana saja.

Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami