10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita • 06 Mar 2024

SEVIMA Platform Dukung Universitas Proklamasi 45 Lewat Sistem Akademik Terintegrasi

Erna SEVIMA

Dalam upaya terus mendukung inovasi dan digitalisasi di dunia pendidikan Indonesia, SEVIMA resmi menjalin kerjasama dengan Universitas Proklamasi 45. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama yang dilangsungkan pada 29 Februari 2024.

Penandatanganan kerjasama ini dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Proklamasi 45, Dr. Benedictus Renny See, SH., SE., MH. Kedua belah pihak menunjukkan komitmen yang kuat untuk menerapkan sistem akademik yang terintegrasi melalui kerjasama strategis ini.

SEVIMA, yang dikenal sebagai pioner dalam solusi sistem informasi akademik nomor satu di Indonesia, berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi inovatif bagi dunia pendidikan di Indonesia. Melalui kerjasama ini, SEVIMA dan Universitas Proklamasi 45 berharap dapat membawa perubahan signifikan dalam sistem pendidikan, khususnya dalam hal penyediaan layanan sistem akademik yang lebih terintegrasi dan efisien.

Dr Benedictus berharap melalui kerjasama ini, Universitas Proklamasi 45 dapat meningkatkan sistem pelayanan berbasis digitalisasi, yang akan membawa kampus ke arah perkembangan yang lebih pesat.

“SEVIMA menawarkan solusi aplikasi sistem yang kami anggap mampu membantu universitas kami berkembang lebih jauh, mengingat kendala kami sebelumnya adalah tidak adanya sistem terintegrasi yang dapat mencatat seluruh perjalanan mahasiswa, dari pendaftaran hingga menjadi alumni, serta ketiadaan sistem terintegrasi antar departemen, seperti keuangan dan bidang lainnya,” kata Dr Benedictus kepada SEVIMA, 29 Februari 2024.

Ia menilai SEVIMA Platform dapat menjawab semua permasalahan yang mereka hadapi. Diharapkan kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan nilai tambah bagi kedua belah pihak, tidak hanya dalam jangka pendek tetapi juga untuk perkembangan berkelanjutan di masa depan.

Kerjasama antara SEVIMA dan Universitas Proklamasi 45 ini menjadi langkah penting dalam memajukan pendidikan tinggi di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Perguruan Tinggi Perlu Dukungan Stakeholders

Dr. Andriya Risdwiyanto., S.E., M.Si., Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama yang turut hadir menyoroti tiga kata kunci dalam kerjasama ini, yaitu “layanan”, “digital”, dan “terintegrasi”. Menurutnya perguruan tinggi tidak dapat beroperasi tanpa bantuan dan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk industri, penerima kerja, dan stakeholder lainnya. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem layanan digital yang terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan semua pihak yang terlibat. Diakui perguruan tinggi memiliki basis akademik yang kuat, namun juga memerlukan dukungan dari aspek non-akademik untuk dapat beroperasi secara optimal.

“Kami membutuhkan layanan digital terintegrasi untuk memberikan layanan yang optimal kepada semua stakeholder, mulai dari mahasiswa, industri, hingga penerima kerja. Banyak kebutuhan yang harus dilayani, dan hal ini dapat terwujud melalui pemantapan sistem integrasi,” ujar Dr Andriya.

Ia menambahkan bahwa integrasi layanan digital dalam aspek non-akademik sangat vital untuk mendukung core bisnis perguruan tinggi. Ini memungkinkan perguruan tinggi untuk berjalan dengan baik dan mencapai visi misi yang telah ditetapkan. Layanan digital yang terintegrasi memastikan bahwa semua proses dapat berjalan lancar, mulai dari administrasi, pembelajaran, hingga penelitian dan pengembangan.

Kerjasama dan integrasi layanan digital merupakan kunci untuk perguruan tinggi dalam menghadapi tantangan di era digital saat ini. Dengan memanfaatkan teknologi digital yang terintegrasi, perguruan tinggi dapat meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa dan stakeholder lainnya, sekaligus memperkuat posisi mereka dalam dunia pendidikan yang semakin kompetitif.

Pentingnya Transformasi Digital Bagi Perguruan Tinggi

Sementara itu, Dr. Nuralam, S.E., M.Si., sebagai Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, menekankan pentingnya adaptasi perguruan tinggi di era transformasi digital. Transformasi digital telah merubah banyak aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, perguruan tinggi harus dapat menyesuaikan diri dengan perubahan untuk tetap relevan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kerjasama strategis dengan berbagai pihak, termasuk dengan SEVIMA yang telah berpengalaman dalam mendukung perguruan tinggi, menjadi salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut,” kata Dr Nuralam.

Kerjasama dengan SEVIMA ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan stakeholder terhadap Universitas Proklamasi 45. Dengan meningkatnya kepercayaan ini, diharapkan akan menjadi daya tarik bagi mahasiswa dan orang tua dalam memilih perguruan tinggi ini sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Pendekatan yang dilakukan melalui penerapan sistem dan teknologi informasi terkini diharapkan dapat memperkuat posisi Universitas Proklamasi 45 sebagai institusi pendidikan yang adaptif dan inovatif.

Dengan SEVIMA Platform, diharapkan proses pembelajaran dan administrasi di Universitas Proklamasi 45 menjadi lebih efisien dan efektif. Ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas pendidikan yang disediakan, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi mahasiswa.

“Dengan demikian, Universitas Proklamasi 45 berupaya tidak hanya menjadi pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa, tetapi juga menjadi contoh dalam adaptasi dan inovasi di era digital ini,” ucapnya.

Tags:

digitalisasi digitalisasi kampus Sevima sevima platform

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×