Cara Mencari Mahasiswa Baru di Tengah Situasi COVID-19

Dunia KampusFeaturedsiAkad Cloud
 

adminweb

 

27 Maret 2020

SEVIMA.COM – Persebaran wabah virus corona atau COVID-19 cukup berdampak masif di sektor pendidikan. Termasuk di lingkungan perguruan tinggi. Sejumlah perguruan tinggi mengeluarkan surat edaran yang berisi langkah-langkah pencegahan persebaran COVID-19, mulai dari menunda seremoni wisuda hingga memberlakukan sistem kuliah daring atau online.

Nah, kita semua tahu kalau dekat-dekat ini adalah musim penerimaan mahasiswa baru yang sudah menjadi agenda wajib bagi perguruan tinggi. Lalu, bagaimana cara perguruan tinggi menarik minat calon mahasiswa baru di situasi penyebaran wabah COVID-19 atau virus corona ini? Yuk kita kupas beberapa caranya.

1. Permudah Cara Penerimaan Mahasiswa Baru

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempermudah jalur penerimaan mahasiswa baru, karena disituasi saat ini tidak memungkinkan untuk keluar rumah apalagi para calon mahasiswa melakukan pendaftaran di kampus.

Yang bisa dilakukan kampus adalah menerapkan sesegera mungkin penerimaan mahasiswa baru dengan cara online atau sering dikenal dengan PMB online. PMB online ini sangat memudahkan para pencari kampus dan juga memudahkan perguruan tinggi.

2. Permudah Proses Pembayaran

Setelah mempermudah proses penerimaan mahasiswa baru, hal kedua yang harus dilakukan kampus adalah mempermudah proses pembayaran, karena pembayaran yang menyulitkan akan membuat calon pendaftar enggan melakukan pembayaran dan akhirnya tidak jadi daftar di kampus anda.

Saat ini zaman serba digital, pembayaran online bisa menjadi solusi yang tepat untuk situasi sekarang ini, tidak mengharuskan tatap muka untuk melakukan pembayaran. Pembayaran online memang menjadi solusi pas, jadi saatnya kampus anda harus menerapkan pembayaran online.

3. Gunakan Digital Marketing untuk Promosi Kampus

Setelah mempermudah proses penerimaan dan pembayaran, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah Promosi. Karena di situasi sekarang promosi dengan konvensional tidak memungkinkan, salah satu solusinya adalah memanfaatkan teknologi digital yang mudah dijangkau oleh banyak orang. Berikut yang bisa Anda lakukan dengan promosi dengan digital marketing:

a. Gunakanlah website agar lebih cepat dikenal

Cara ini merupakan strategi promosi yang sudah semestinya digunakan kampus disitusi yang serba mengandalkan online. Perguruan tinggi bisa memakai website untuk company profile, dimana website ini adalah letak utama untuk memasang bermacam informasi, fasilitas, jurusan, biaya dan lain lain.

kelebihan lain sekiranya kampus miliki website adalah mampu dipercaya, mampu tunjukkan prestasinya, galeri, organisasi dan dokumentasi dokumentasi lain.

b. Buatlah iklan video di youtube

Mengaitkan pemakaian teknologi yang tambah besar, para remaja biasanya bakal segera mensurvey melalui video video yang terupload di youtube daripada datang secara segera ke perguruan tingginya. Strategi pemasaran perguruan tinggi swasta ataupun negeri seperti ini sering dilakukan.

Ada dua cara promosi via youtube untuk kampus yaitu mampu memakai yang berbayar ataupun terhitung mampu yang gratis, dengan meng-upload video kampus didalam jumlah yang memadai banyak tidak cuman itu disertai optimasi kata kunci / kata kunci.

c. Konten marketing dan SEO optimasi

Konten marketing adalah tips jitu untuk menarik pembaca di Google Search Engine, dikarenakan rata rata seseorang pasti bakal jalankan survey tentang kampus yang bagus menurut kebutuhannya. Konten marketing adalah postingan / posting artikel yang berisi konten marketing yang di optimasi memakai teknik SEO.

Mungkin banyak yang belum memahami perihal tersebut, dikarenakan siasat seperti ini sering digunakan oleh kalangan pembisnis besar tetapi tersedia terhitung yang jalankan pada segi pemasaran sekolah dan perguruan tingginya.

d. Manfaatkan platform pencarian kampus

Memanfaatkan platform pencarian kampus seperti platform Maukuliah.id merupakan cara yang paling tren saat ini, kenapa? karena saat ini lulusan SMA/SMK rata-rata mereka mencari informasi tentang kampus di platform-platform seperti ini.

Mereka menyediakan informasi yang lengkap tentang kampus dan jurusan, jadi memudahkan para pencari siswa dalam mencari jurusan dan kampus yang diinginkan. Jadi kampus Anda bisa memanfaatkan platform ini untuk tempat promosi kampus.

Kesimpulan

Ya, memang saat ini kita memang sedang mengalami situasi yang sulit, namun proses penerimaan mahasiswa baru juga harus terus berjalan demi keberlangsungan kampus dan juga pembelajaran di Indonesia.

Untungnya, kita hidup di zaman yang serba digital. Dengan teknologi kampus bisa memudahkan penerimaan mahasiswa baru, memberikan pelayanan yang serba canggih, seperti PMB, pembayaran, keakademikan, pembelajaran dll. Yaps, semua pelayanan yang serba digital dan memudahkan proses mahasiswa baru bisa anda dapatkan semua di siakadcloud.com

Bagikan artikel ini
Download WordPress Themes FreeFree Download WordPress ThemesDownload Premium WordPress Themes […] Download Premium WordPress Themes FreeDownload Best WordPress Themes Free DownloadDownload […]

Komentar :