Berita | Kampus Merdeka | kemendikbud

Cara Menciptakan Lulusan Unggul Menurut Mendikbud Nadiem 2021

SEVIMA.COM – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan nasihatnya agar semua perguruan tinggi di Indonesia bisa hasilkan lulusan yang unggul. Pesan ini disampaikan dalam sambutannya di acara Dies Natalis ke-58 Universitas Brawijaya (5/1).

Dilansir dari Detik.com, Menurut Mendikbud Nadiem, perguruan tinggi harus selalu melakukan transformasi untuk menghadapi perubahan zaman. Yang menurutnya sangat cepat dan tidak kalah penting, hal itu harus berorientasi pada masa depan.

Untuk mengakselerasi itu, lanjutnya, Kemdikbud menghadirkan transformasi dana pemerintah. Untuk perguruan tinggi yang menjadi episode keenam Merdeka Belajar.

Baca juga: Apa Itu Merdeka Belajar Kampus Merdeka?

Mendikbud Nadiem: Perguruan Tinggi harus Lebih Berani

Mendikbud mengatakan untuk kali pertama, pemerintah berfokus untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan. Itu berdasarkan delapan indikator kinerja utama (IKU) universitas.

“Insentif akan diberikan kepada perguruan tinggi. Baik yang Badan Layanan Umum (BLU) maupun PTNBH berdasarkan capaian IKU,” kata Nadiem.

Baca juga: Apa Itu Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dan Bonus Rp 500 Miliar

Pada kesempatan itu, Nadiem mengemukakan Indonesia perlu SDM unggul yang kompeten. Seperti para lulusan UB yang tidak hanya siap kerja, tapi mampu menciptakan lapangan kerja.

“Untuk menghasilkan lulusan yang unggul, perguruan tinggi harus berani mendistruksi dirinya agar lebih adaptif, fleksibel. Dan berorientasi masa depan. Cara terbaik adalah memberikan pengalaman bermakna di dunia kerja ketika masih menjadi mahasiswa,” jelas Mendikbud Nadiem minta PT lebih berani.

Sedangkan bagi para dosen, Nadiem berharap mereka bisa diberikan kesempatan untuk menggali pengalaman di luar kampus. Sehingga, bisa membawa ilmu-ilmu mutakhir ke dalam kampus.

“Kita juga ingin semakin banyak praktisi yang mengajar di kampus dan itulah dasar Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” kata Nadiem.

Bagikan artikel ini

Komentar