Berita | Dunia Kampus

IAIN Palu Kembangkan Kampus Baru di Sigi, Siap Bangun SDM Unggul

SEVIMA.COM– Setelah bencana gempa meluluhlantakkan wilayah Palu dan sekitarnya, kini Palu mulai bangkit dan berbenah. Sebagai salah satu pusat pendidikan di kota Palu, IAIN Palu turut andil dalam membangkitkan kota Palu dan sekitarnya. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendirikan kampus baru di wilayah Kabupaten Sigi. Berdirinya kampus ini, dikarenakan atas bentuk dukungan IAIN Palu untuk terus membangun peradaban masyarakat dan pembangunan manusia. Sehingga pendidikan di Provinsi Sulawesi Tengah bisa terus bangkit pasca bencana yang merundung wilayah tersebut. 

Membangun kampus di luar kampus utama (PSDKU)

Untuk lebih memaksimalkan fungsi sebuah perguruan tinggi, IAIN Palu meluaskan wilayah pendidikan di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi dengan besar wilayah 21 hektar. Ini diharapkan agar pengembangan secara kelembagaan dan akademik bisa semakin maksimal dan merata di wilayah Palu dan sekitarnya. 

Selain itu, adanya perluasan wilayah kampus ini juga dikarenakan lahan yang dimiliki IAIN Palu di kampus utama hanya sekitar 5 hektar saja. Sehingga butuh perluasan kampus agar kampus bisa lebih ideal dalam memperluas pendidikan. 

Rektor IAIN Palu, Prof. Dr. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd. pun sangat berharap dengan adanya perluasan kampus ini dapat mengembangkan peningkatan mutu akademik dengan baik. Tak hanya itu, beliau juga berharap pemerintah juga bisa mendukung penuh pengembangan kampus di kota Sigi. 

Baca juga:  Cara Menciptakan Lulusan Unggul Menurut Mendikbud Nadiem 2021

Perluasan kampus tingkatkan fasilitas dan pelayanan akademik kampus 

Luas wilayah kampus di Kabupaten Sigi ini mencapai 21 hektar. Wilayah tersebut akan digunakan sebagai sarana untuk mendukung fasilitas kampus dan layanan akademik mahasiswa. 

Bupati Sigi pun juga memberi respon positif dengan adanya perluasan wilayah kampus ini. Bahkan seluas 40 hektar lahan pun akan dihibahkan kepada IAIN Palu di wilayah Pombewe. Dengan adanya perluasan wilayah kampus tersebut, pemerintah pun sangat berharap agar pemulihan wilayah pasca bencana bisa segera tertangani dengan baik. 

Baca juga: Webinar Sevima Bahas Kejayaan Indonesia Lewat Pendidikan

Serba-serbi kampus II IAIN Palu 

Agar tujuan perbaikan dalam peningkatan mutu pendidikan di wilayah Kabupaten Sigi segera tertangani, maka IAIN Palu pun segera mengaktifkan kampus tersebut. IAIN Palu pun akan memindahkan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan di Kampus II pada tahun ajaran ini. 

Namun, proses pemindahan fakultas ini akan dilakukan secara bertahap. Mengingat fakultas ini merupakan fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak, yaitu 2.700 mahasiswa dari total 9.000 lebih mahasiswa. 

Pemerintah Kabupaten Sigi pun sangat mendukung adanya planning dioperasikannya kampus II IAIN Palu ini. Pemkab pun sangat berharap, dengan mulai dioperasikannya kampus ini maka akan membantu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, penjaminan mutu, dan meningkatkan daya saing dalam dunia kerja. 

Harapannya, kampus II ini diharapkan akan terus mencetak generasi muda yang siap bersaing di dunia luar kampus yang nantinya dibekali dengan budi pekerti yang unggul dan akhlak mulia. Sehingga, peningkatan sumber daya manusia dan ekonomi pasca bencana bisa segera membaik dari adanya kampus II ini.  

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar