16 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 24 May 2023

Cara Mengajukan Dosen Tetap di Perguruan Tinggi

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Apabila Anda tertarik untuk menjadi dosen tetap, penting bagi Anda untuk memahami bagaimana cara pengajuan dosen tidak tetap menjadi dosen tetap. Untuk memulainya, Anda harus mengetahui apa perbedaan dosen tidak tetap dan dosen tetap.

Dosen tidak tetap adalah dosen yang bekerja paruh waktu yang berstatus sebagai tenaga pendidik tidak tetap pada satuan pendidikan tinggi tertentu. Sementara, dosen tetap adalah dosen yang bekerja penuh waktu yang berstatus sebagai tenaga pendidik tetap pada satuan pendidikan tinggi tertentu. Itu sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Permenristekdikti Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Registrasi Pendidik Pada Perguruan Tinggi.

Adapun Dosen tetap memiliki kewajiban untuk memenuhi sejumlah kualifikasi, tercantum di dalam Permendikbud Nomor 84 Tahun 2013. 

Baca juga : Berapa Gaji Dosen Kontrak dan Tetap?

Cara Pengajuan Dosen Tidak Tetap menjadi Dosen Tetap

Perlu diketahui bahwa setiap perguruan tinggi memiliki kualifikasi dan proses yang berbeda atau sedikit berbeda untuk pengangkatan dosen tetap. Namun, dalam Permendikbud Nomor 84 Tahun 2013 disampaikan persyaratan untuk menjadi dosen tetap, meliputi:

  • Persyaratan umum, meliputi: 

  1. usia paling tinggi 50 tahun; 
  2. bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; 
  3. setia pada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; 
  4. tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap; 
  5. sehat jasmani, rohani, dan dapat menjalankan tugas sebagai dosen; dan 
  6. tidak terikat sebagai dosen PNS/dosen tetap non PNS pada perguruan tinggi lain dan/atau sebagai pegawai tetap pada lembaga lain. 

2. Persyaratan khusus, meliputi: 

  1. memiliki kualifikasi akademik minimum lulusan program magister atau setara dalam bidang ilmu dan teknologi yang sesuai dengan bidang penugasannya; dan 
  2. lulus seleksi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi dan/atau Badan Penyelenggara PTS.

Setiap perguruan tinggi miliki ketentuannya masing-masing terkait penerimaan dosen tetap. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat  mencari informasi penerimaan calon dosen tetap pada perguruan tinggi tujuan. Sehingga Anda dapat mengetahui persyaratan, prosedur pendaftaran, dokumen yang dibutuhkan serta jadwal seleksi dengan lebih rinci. 

Sebagai contoh, pengajuan dosen tetap di UNDIP ini Penerimaan Calon Dosen Pegawai Tetap Universitas Diponegoro Tahun 2023, tertuang di dalamnya berbagai informasi proses pendaftaran hingga penerimaan dosen tetap Universitas Diponegoro tahun 2022, seperti:

  • Ketentuan Umum
  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Sehat yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari dokter yang masih berlaku 6 bulan terakhir.
  3. Surat berkelakuan baik atau tidak ada catatan kriminal atau tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap dengan menyerahkan SKCK yang masih berlaku.
  4. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus Partai politik dan afiliasinya.
  5. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, anggota Polri dan tidak sedang tidak sedang menjalani perjanjian kontrak kerja atau ikatan dinas pada instansi lain.
  6. Batas usia pelamar pada tanggal 1 Maret 2023 maksimal 37 tahun bagi pelamar dengan ijazah S2 dan maksimal 45 tahun bagi pelamar dengan ijazah S3 bagi lulusan S2 atau S3 luar negeri.
  7.  Melampirkan surat keterangan penyertaan ijazah dari Kementerian yang membidangi urusan pendidikan tinggi. 

Baca juga : Cara Registrasi Pendidik Pada Perguruan Tinggi atau Pengajuan Nomor Induk Dosen Nasional

Namun sayangnya, pendaftaran tersebut telah ditutup pada 6 Maret 2023. Selagi menunggu pembukaan penerimaan calon dosen tetap, Anda dapat menyiapkan berkas serta memperhatikan kembali pengalaman mengajar, publikasi/penelitian dan kualifikasi lainnya yang relevan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Gambar: Canva.com

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

×