7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 19 Feb 2020

Cara Mengurus Ijazah S1 yang Hilang atau Rusak

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Sebagai suatu surat pernyataan resmi dan sah yang berlaku secara nasional dan menyatakan bahwa seorang peserta didik telah tamat belajar atau telah meyelesaikan perkuliahan. Ijazah juga merupakan salah satu surat penting, sehingga harus diperhatikan.

Jika anda ingin melanjutkan kuliah di pasca sarjana atau mencari pekerjan, maka Ijazah memiliki peran penting sebagai syarat untuk melanjutkan. Namun sering kali kita lalai atau ceroboh, di mana Ijazah tidak disimpan baik-baik, bahkan ada juga yang ijazahnya telah lenyap, baik itu hilang atau rusak.

Lalu bagaimana cara membuat ijazah baru yang hilang atau rusak?

1. Coba Cari Lagi

Cobalah cari ijazahmu sekali lagi. Coba tanyakan keluarga dan cek kembali dilemari rumah, cari perlahan-lahan sambil terus coba diingat-ingat baik-baik di mana ijazah terakhir kali disimpan. Jika memang hilang, sebaiknya coba pastikan di mana kehilangan ijazah tersebut.

2. Persiapkan Waktu dan Diri

Harus persiapakan waktu dan diri karena kamu harus mengurus pembuatan pengganti ijazah ini secara mandiri, tanpa diwakilkan. Karena kehilangan atau kerusakan ijazah, diperlukan suatu laporan kehilangan barang berharga ke kantor polisi.

3. Lapor ke Perguruan Tinggi

Segera lapor ke pihak universitas tempat Anda lulus, datang dan temui bagian Tata Usaha, untuk meminta dibuatkan surat keterangan bahwa Anda benar-benar merupakan lulusan sekolah tersebut.

4. Mengisi surat permohonan pembuatan penggantian ijazah dan transkrip akademik yang hilang atau yang rusak

5. Membuat Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian

Selanjutnya bawalah surat keterangan dari pihak Sekolah tersebut ke Kantor Polisi daerah tempat Anda bersekolah.

6. Fotocopy ijazah atau transkrip akademik
7. Fotocopy KTP
8. Foto 3×4 hitam putih 2 lembar

Untuk mengurus ijazah ini, pemohon tidak bisa mendapatkan ijazah baru, melainkan hanya surat keterangan saja. Dan nanti jika pembuatan pengganti ijazah atau transkrip akademik sudah selesai biasanya pihak kamps akan menghubungi anda dengan syarat menyerahkan berkas diatas. Good Luck

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×