Berita | Dunia Kampus | Seputar Pendidikan

Cara Perguruan Tinggi Memaksimalkan Penyerapan Anggaran

SEVIMA.COM – Oktober silam, Ditjen Diktiristek menyelenggarakan rapat koordinasi perkembangan pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran di tahun 2021.

Pertemuan itu membahas tentang realisasi dan akselerasi program-program agar dapat terlaksana dengan cepat dengan bantuan dan dukungan dari perguruan tinggi.

Dilansir dari lama resmi Kemdikbud Dikti, Prof Nizam mendorong perguruan tinggi untuk memaksimalkan penyerapan anggaran di sisa waktu hingga akhir tahun yang tinggal beberapa bulan saja. Beliau menghimbau daya serap di atas target yang ditetapkan oleh kementerian yaitu 71%.

Baca juga : siAkad Cloud Dukung IAIN Palu Menuju World Class University

Lalu bagaimana cara memaksimalkan daya serap agar mencapai target? Berikut tipsnya:

1. Persiapkan perencanaan anggaran yang matang di awal pengajuan anggaran.
2. Selalu pantau realisasi anggaran sesuai perencanaan anggaran.
3. Melakukan percepatan dengan inovasi-inovasi terbaru yang sesuai regulasi.
4. Dan upgrade sistem di berbagai sektor perguruan tinggi seperti Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), Learning Management (LMS), atau Sistem Keuangan.

Selain mempercepat realisasi anggaran 2021, upgrade sistem di berbagai sektor perguruan tinggi juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, pendataan akademik, serta keuangan.

Sehingga, nantinya akan berimpact atau mempengaruhi juga pada saat terjadi proses Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA) Prodi otomatis tahap 1 yang dilakukan machine to machine antara SAPTO dengan PDDIKTI.

Bagaimana dengan perguruan tinggi Anda? Apakah masih banyak kendala padahal sudah mendekati periode tutup buku penyerapan anggaran?

Mumpung masih ada waktu beberapa minggu lagi sebelum tutup buku, yuk konsultasikan kebutuhan sistem informasi yang handal dan sudah terintegrasi dengan Learning Management System (LMS) dan pelaporan PDDikti kepada SEVIMA.

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar