7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 31 Jul 2023

Cara Submit Jurnal ke Sinta Gratis dan Cepat

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Jurnal memiliki peran penting di lingkungan akademik karena penemuan hasil penelitian yang sesuai dengan bidang dan perkembangan zaman dapat menjadi solusi atas permasalahan di masyarakat. 

Dengan menerbitkan jurnal juga dapat meningkatkan reputasi perguruan tinggi. Sehingga banyak perguruan tinggi yang mendorong peningkatan publikasi jurnal yang berkualitas.

Baca juga:  Cara Cek Kategori Jurnal Nasional dan Internasional yang Diakui Kemendikbudristek

Cara Submit Jurnal ke Sinta Gratis dan Cepat

Bagi seorang akademisi, jurnal adalah suatu kewajiban untuk jenjang karier dosen ataupun kelulusan mahasiswa. Bagi pemula, submit jurnal terkesan sulit dan membingungkan. Padahal, jika kita memperhatikan caranya dengan seksama, submit jurnal sangat mudah dan cepat. Berikut adalah cara submit jurnal ke Sinta yang gratis dan cepat, yuk disimak.

1. Masuk ke laman sinta.kemendikbud.go.id

 Di laman Sinta Kemendikbud, Anda akan mendapatkan informasi tentang jurnal yang sudah terindeks Sinta. Pilih jurnal yang tepat sesuai peringkat Sinta dan pastikan bahwa jurnal Anda sudah sesuai kriteria. 

Sinta mengklasifikasikan jurnalnya pada 6 kategori yaitu, Sinta 1 hingga Sinta 6, urutan berdasarkan dari yang tertinggi. Sehingga, jika Anda ingin naskah jurnal diterima, maka pastikan sudah sesuai dengan kualitas dan standar publikasi yang bereputasi tersebut.

2. Masuk ke Website Jurnal

Jika Anda sudah memilih Jurnal yang tepat, Anda dapat masuk ke laman website jurnal untuk tahapan selanjutnya. Perhatikanlah beberapa informasi jurnal, seperti Focus dan Scope, Author Guideline serta Author Fee. Maksud dari Focus dan Scope merujuk pada bidang yang menjadi perhatian khusus pada jurnal atau spesialisasi. 

Anda juga harus membaca dengan seksama Author Guidline pada publikasi karena dapat menjadi petunjuk bagi penulis dalam menyusun format dan persyaratan sesuai dengan arahan pedoman penulisan. Untuk lebih memudahkan lagi, Anda juga dapat mengunduh  template jurnal. 

Baca juga: Apa Itu OBE, Penerapan dan Penilaiannya?

Yang harus menjadi perhatian juga yaitu Author Fee, karena kita mencari publikasi yang gratis maka dalam memilih jurnal pastikan bahwa author fee gratis. Banyak jurnal yang berbayar yaitu berkisar Rp 500.000 – Rp 2.500.000, namun masih banyak juga publikasi yang gratis. Sehingga, pastikan Anda membaca dengan cermat dan seksama. 

3. Daftar Akun Penulis

Mendaftar Akun menjadi tahapan yang wajib untuk publikasi jurnal. Jika Anda belum terdaftar, daftarlah pada website tersebut. Informasi yang wajib diisi, seperti nama, afiliasi, negara, email dan lainnya. Disarankan untuk menggunakan email institusi agar dapat memberikan kepercayaan kepada penerbit jurnal dan editor  serta membangun reputasi perguruan tinggi.

4. Submit Artikel sesuai Pedoman

Pastikan bahwa naskah jurnal Anda sudah sesuai dengan pedoman penulisan, sehingga Anda dapat masuk pada tahap submit. Ikutilah proses pengiriman file jurnal, mulai dari mengisi berbagai infornasi, meta data jurnal, unggah jurnal dan beberapa tahapan lainnya. Setelah semua informasi diisi, Anda dapat klik tombol “Submit” atau “Kirim”. Dengan begitu, Anda sudah berhasil upload jurnal.

5. Proses Review dan publikasi

Naskah yang sudah dikirimkan akan melalui proses review oleh editor. Tahap ini menjadi penentuan apakah nasakah Anda diterima, ditolak, atau direvisi. Pada proses revisi setiap publikasi memiliki jangka waktu yang berbeda-beda, bisa sangat cepat ataupun cukup lama.

Baca juga: 5 Cara Publikasi Jurnal Scopus Agar Cepat Terbit

Itulah cara submit jurnal ke Sinta yang gratis dan cepat. Sangat mudah, kan? Perlu diingat bahwa setiap Penerbit jurnal memiki aturan dan syarat yang berbeda-beda, oleh sebab itu penulis harus mengikuti pedoman sebelum mengirim jurnal jika ingin jurnalnya dipublikasikan.

 

Gambar: Canva.com

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×