Info Sentra Vidya Utama | Mau Kuliah

Cara Tepat Melakukan Proses Penerimaan Mahasiswa Baru di Tengah Pandemi

Memasuki tahun 2021 rupanya keadaan belum juga berubah. Pandemi di Indonesia masih terus mewabah. Kondisi ini tentunya membawa dampak tersendiri bagi seluruh sektor di Indonesia.

Dampak pandemi ini terlihat sangat signifikan, terutama dalam kegiatan dan aktivitas kampus. Salah yang paling berdampak adalah sistem penerimaan mahasiswa baru. Pembatasan kegiatan di luar memberi dampak terhadap proses penerimaan mahasiswa secara konvensional.

Kondisi ini mengharuskan pihak kampus tanggap dan cepat dalam mengatasinya. Jika kondisi ini tidak bisa segera diatasi, maka sistem penerimaan mahasiswa baru akan terganggu. Maka, untuk mengatasinya, Anda perlu menyiapkan beberapa cara jitu agar kegiatan penerimaan mahasiswa baru tetap berjalan dengan baik.

Lalu, apa saja cara yang bisa diambil untuk mengatasi permasalahan ini? Simak ulasan berikut.

1. Promosi secara online

Sebelum pandemi, banyak kampus yang melakukan sosialisasi tentang kampus melalui pameran pendidikan atau bahkan menyebarkan brosur. Namun, seiring keadaan pandemi yang belum reda mengharuskan pihak kampus untuk mengubah sistem pendaftaran tersebut.

Salah satu cara yang bisa Anda pilih dengan memanfaatkan media sosial dan platform online. Buatlah konten yang menarik dan informatif seputar pendaftaran di kampus Anda. Dengan demikian kegiatan penerimaan mahasiswa baru tetap berjalan semestinya.

Baca juga: Info Biaya Kuliah di 5 PTN Terbaik; ITB, UGM, IPB, ITS dan UI

2. Siapkan metode pendaftaran yang mudah dan cepat

Beberapa kampus di Indonesia, mungkin masih banyak yang melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir dan mengumpulkannya langsung di kampus. Namun, agar lebih memudahkan kampus dalam pendaftaran mahasiswa baru bisa Anda ubah dengan menggunakan sistem online.

Pastikan kampus Anda memanfaatkan website kampus. Disinilah calon mahasiswa bisa memilih dan melakukan pendaftaran dalam satu waktu. Dalam proses pendaftaran ini bisa Anda hubungkan dengan invoice pembayaran penerimaan mahasiswa baru.

3. Gunakan metode pembayaran yang mudah

Sekarang ini sudah tersedia berbagai macam layanan pembayaran secara elektronik. Agar pendaftaran lebih mudah dilakukan, Anda bisa memanfaatkan metode pembayaran ini.

Jika calon mahasiswa telah melakukan registrasi pendaftaran melakukan transaksi melalui metode ini bisa menjadi salah satu opsinya. Beberapa metode pembayaran elektronik yang bisa digunakan seperti ShopeePay, Link Aja, Ovo, dan Dana. Tak hanya itu saja, metode ini rupanya juga dinilai sangat efektif selain harus melakukan transaksi melalui bank.

Baca juga:Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB Online), Daftar Kuliah Cukup dari Rumah

4. Gunakan Computer Based Test (CBT) untuk seleksi

Computer Based Test (CBT) merupakan satu metode yang paling efektif untuk digunakan selama pandemi ini. Metode ini dinilai sangat cocok jika diaplikasikan untuk penerimaan mahasiswa baru.

Dengan menggunakan CBT ini, calon mahasiswa bisa melakukan ujian secara online dan terkoneksi langsung dengan sistem PMB online dari kampus. Dengan demikian, calon mahasiswa akan tetap bisa melakukan seleksi dengan baik.

5. Seluruh kegiatan daftar ulang dan pengumuman secara online

Untuk mengurangi resiko Covid-19, Kampus bisa melakukan kegiatan daftar ulang dan pengumuman penerimaan mahasiswa secara online. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memanfaatkan website kampus Anda.

Siapkan fitur yang mendukung pengumuman online ini dan tentunya sangat memudahkan para calon mahasiswa.

6. Gunakan platform penerimaan mahasiswa 

Untuk mempermudah kampus dalam melakukan pendaftaran mahasiswa, kampus bisa dilakukan dengan menggunakan platform penerimaan mahasiswa baru. Dengan menggunakan platform ini, kampus bisa dengan mudah melakukan proses penerimaan mahasiswa dengan mudah, cepat, dan efektif.

Baca juga: Inovasi Permudah Pendaftaran Calon Mahasiswa, Agar Dapat Banyak Mahasiswa

Agar proses penerimaan mahasiswa baru bisa berjalan dengan lancar, cara-cara tersebut bisa Anda aplikasikan di kampus Anda. Salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pendaftaran mahasiswa baru yaitu maukuliah.id. Platform ini akan memudahkan perguruan tinggi dan mahasiswa baru dalam masa penerimaan mahasiswa baru.

Bagikan artikel ini

Komentar