Dinilai Lebih Efektif, Cloud Computing Sebagai Solusi Pengganti Server Konvensional

Aplikasi OnlinesiAkad Cloud
 

adminweb

 

12 Februari 2020

SEVIMA.COM – Kebutuhan portal penyimpanan di perguruan tinggi memang membutuhkan penyimpanan (storage) yang cukup besar dan memadai. Kapasitasnya pun harus mampu menyimpan semua data yang harus diolah di kampus. Kebutuhan data penyimpanan tersebut sangat diperlukan untuk proses KRS online, mail server, web portal yang dimiliki setiap perguruan tinggi.

Banyaknya kebutuhan tersebut membuat sistem yang harus dimiliki setiap perguruan tinggi memiliki penyimpanan yang memadai. Terlebih kebutuhan mahasiswa dalam kegiatan KRS Online yang biasa dilakukan setiap semester membutuhkan storage dengan kapasitas besar. Terlebih bila sistem penyimpanan pada server yang dimiliki kampus kurang memadai, maka akan membuat maintenance pada sistem tersebut. Keadaan seperti ini tentunya tidak hanya merugikan mahasiswa, namun juga dari pihak kampus sendiri.

Kenapa server konvensional dinilai tidak efektif lagi?

Sistem penyimpanan memang dinilai sebagai salah satu hal yang sangat krusial, butuh perawatan ekstra dan pengaplikasian terbaik untuk meningkatkan kegunaan penyimpanan tersebut secara optimal. Biasanya, bila perguruan tinggi tersebut memakai penyimpanan dengan menggunakan server konvensional, bisa dipastikan dalam perawatannya pasti membutuhkan biaya tambahan.

Seperti yang kita ketahui, estimasi pembayaran untuk mengimplementasikan server konvensional sebanyak Rp4.000.000. Biaya tersebut cukup dibilang sangat besar apabila harus dikeluarkan setiap bulannya.

Namun, jika anda menggunakan cloud computing, anda akan merasakan perbedaannya. Hanya dengan membayar Rp1.500.000 per bulan, anda sudah bisa melakukan akses langganan cloud dan support.

Anda bisa bayangkan, berapa banyak uang yang dapat dihemat apabila perguruan tinggi anda menggunakan produk ini. Jadi, bila anda beralih menggunakan produk ini, maka kebutuhan perguruan tinggi akan lebih mudah dan lebih hemat.

Apa yang membuat cloud computing lebih unggul?

Cloud computing merupakan suatu inovasi baru yang tidak mewajibkan untuk berinvestasi pada server terkait. Pengguna akan diberikan kontrol penuh terkait dengan penggunaan produk untuk melakukan scale up dan scale down tergantung dengan kebutuhan masing-masing kampus.

Kemudahan dalam mengaksesnya pun juga sangat memudahkan penggunanya yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Terlebih biaya yang dibutuhkan pun jauh lebih ekonomis daripada server konvensional.

Kini, SEVIMA hadir dengan membawa solusi baru untuk memenuhi kebutuhan perguruan tinggi terutama dalam server penyimpanan berupa cloud computing ini. Dengan menggunakan cloud computing ini anda akan dengan mudah melakukan perubahan dan inovasi baru untuk kampus anda.

Nah, banyak sekali bukan keuntungan yang akan anda dapat ketika beralih ke Cloud Computing? Apakah Anda pernah bayangkan kalau ada Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dalam cloud computing, pasti lebih simply dan overpower kan, Anda bisa cek siakadcloud.com

Download Premium WordPress Themes FreePremium WordPress Themes DownloadDownload WordPress ThemesDownload […]

Berita dari CampusPedia :


Komentar :