12 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Solusi SEVIMA • 24 Aug 2023

Dashboard Pimpinan Sebagai Solusi Percepatan Pengambilan Keputusan di Kampus

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Apa jadinya jika seorang nahkoda yang memandu kapal di lautan lepas  tidak punya kompas? Begitulah gambaran seorang pimpinan kampus yang memerlukan data atau informasi untuk mengambil keputusan. Apalagi, kini kita memasuki zaman dimana keputusan didasarkan pada informasi dan data, bukan hanya sebuah intuisi atau naluri.

Memang, beberapa perguruan tinggi sudah memiliki data yang lengkap terkait kegiatan akademik dan non akademik. Tapi, apa yakin data tersebut tidak tercecer dan terhindar dari duplikat? Untuk itu, penting adanya sistem yang terintegrasi yang kemudian dapat menampilkan dashboard pimpinan ini. Sehingga, dapat memantau perkembangan Perguruan Tinggi untuk mengambil keputusan yang lebih akurat.

Baca juga: Apa Itu Student Engagement Score (SES) di SEVIMA Platform?

Smart Dashboard, Inovasi Terbaru SEVIMA Platform bagi Rektor dan Manajemen PT

SEVIMA Platform sudah dilengkapi fitur dashboard pimpinan yang dapat membantu pimpinan perguruan tinggi memantau aktivitas perkuliahan dengan cepat dan akurat. Apalagi dengan adanya grafik, bagan serta infografis menjadikan Smart Dashboard menarik dan mudah dipahami.

Lalu, Informasi Apa Saja yang Tersedia di Smart Dashboard di SEVIMA Platform?

1. Ketahui Performa Perguruan Tinggi Saat Ini

Ya, salah satu keunggulan dari dashboard ini adalah dapat memberikan informasi real time. Sehingga, perguruan tinggi dapat mengetahui kondisi perguruan tinggi setiap waktu, melalui informasi mahasiswa aktif, kehadiran mahasiswa, pelaporan PDDIKTI, dan lain sebagainya.

2. Info dan Statistik Mahasiswa per Program Studi

Tidak perlu repot untuk meminta dikirimkan informasi per program studi, Smartdashboard sudah dapat menampilkannya untuk pimpinan. Mulai rata-rata Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa, Student Body, mutasi mahasiswa dan lain sebagainya.

3. Pantau Progress Pelaporan PDDIKTI

Pelaporan PDDIKTI wajib dilakukan sebanyak empat kali yaitu dua kali pada semester genap dan dua kali di semester ganjil dengan data yang valid dan akurat. Tanpa perlu repot menanyakan ke unit terkait, pimpinan sudah bisa mengawasi persentase pelaporan PDDIKTI melalui dashboard sehingga bisa segera mengambil tindakan atau keputusan jika persiapan belum sesuai.

4. Notifikasi Untuk Mempermudah Akreditasi

Akreditasi menjadi momen yang ditunggu perguruan tinggi untuk menunjukkan kualitas dan mutunya. Disisi lain, persiapan yang matang juga dibutuhkan untuk mendapatkan poin terbaik. Memang, waktu akreditasi 5 tahun, namun itu bukanlah waktu untuk berleha-leha lalu ngebut di akhir waktu. Untuk itu, dengan adanya Smart Dashboard dapat membantu pimpinan  dalam mengambil kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan akreditasi.

5. Komposisi Dosen dan Tenaga Kependidikan

Dashboard pimpinan SEVIMA Platform menyediakan informasi dosen dengan sangat detail melalui grafik dan bagan, seperti jenis kelamin dosen, usia dosen dan informasi lainnya.

6. Pantau Tren Pendapatan Perguruan Tinggi

Keuangan Akademik menjadi salah satu yang harus diperhatikan oleh pimpinan karena mempengaruhi keberlanjutan dan perkembangan perguruan tinggi. Dengan adanya dashboard pimpinan, keputusan dapat dipertimbangkan sesuai dengan data pengelolaan keuangan sehingga dapat lebih efektif dan efisien.

7. Detail Persebaran Mahasiswa Baru

Dengan mengetahui detail mahasiswa baru, perguruan tinggi dapat merencanakan fasilitas atau jumlah dosen yang dibutuhkan untuk mendukung perkuliahan yang optimal. Selain itu, data ini juga dapat menjadi bahan evaluasi pada proses penerimaan mahasiswa baru di tahun berikutnya.

8. Mengetahui Rata-rata Waktu Lulus dan Kesesuaian Bidang Kerja

Manfaat penting dari mengetahui rata-rata waktu lulus mahasiswa dan kesesuaian bidang kerja yaitu menjadi bahan evaluasi efektivitas kurikulum serta sebagai perencanaan untuk penyusunan akademik selanjutnya. Tidak sampai disitu, ini juga akan berpengaruh terhadap reputasi perguruan tinggi.

9. Pengisian Kuesioner Tracer Study

Sudah kita ketahui bersama bahwa tracer study memiliki pengaruh yang besar terhadap Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Akreditasi. Tentu, perguruan tinggi harus memberikan perhatian khusus pada penyebaran kuesioner ini. Apalagi, dengan adanya Smart Dashboard yang dapat memberikan kemudahan memantau informasi dari mana saja dan kapan saja dapat memudahkan pimpinan dan manajemen perguruan tinggi bertindak cepat untuk mendorong peningkatan Alumni yang mengisi kuesioner.

Baca juga: Platform Pembelajaran yang Memenuhi SN-DIKTI dan Dapat Meningkat Penilaian IAPT 

Smart Dashboard sangat informatif dan akurat sesuai dengan data yang diisikan unit-unit perguruan tinggi. Dengan tampilan yang simpel dan informasi yang jelas dapat memudahkan pimpinan lebih fokus pada aspek yang harus segera dibenahi, sehingga pengambilan keputusan bisa lebih cepat dan tepat. Jadi, kapan Smart Dashboard ini siap diimplementasikan di perguruan tinggi Anda? Jika terdapat pertanyaan, Tim kami akan siap menjawab. Silahkan kunjungi sevima.com dan segera rasakan manfaatnya.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×