Flash News

Digitalisasi Kampus Permudah STMKG Lakukan Pelaporan ke PDDikti

SEVIMA.COM – Selama dua tahun terakhir Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) mulai menerapkan digitalisasi kampus. Banyak kemudahan yang didapatkan setelah melakukan perubahan cukup signifikan dalam hal digital.

Kepala Unit Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Novvria Sagita mengatakan digitalisasi kampus sudah menjadi keniscayaan. Karena data dari civitas akademika di sebuah perguruan tinggi harus terintegrasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kamendikbudristek).

“Maka itu kampus harus beralih dari data yang sebelumnya on the paper sekarang harus beralih ke dalam data yang digitalisasi,” kata Novvri, kepada SEVIMA.

Baca juga : Institut PTIQ Jakarta Akui Digitalisasi Kampus Permudah Proses Administrasi

Ia menambahkan setelah melakukan digitalisasi maka memudahkan pelaporan ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Mengingat semua data sudah dalam bentuk digital dan sudah terverifikasi.

Menurut Novvri untuk peralihan menuju digitalisasi memang perlu komitmen dari berbagai pihak. Semula digitalisasi di STMKG masih menggunakan sistem yang sederhana yakni microsoft excel dan data manual.

Selain itu data yang ada masih terpisah-pisah dan belum terintegrasi. Hal itu menyusahkan dalam pelaporan ke PDDikti karena data masih bias antara satu user dengan yang lainnya. 

Dalam melakukan digitalisasi kampus, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika bekerjasama dengan SEVIMA sebagai perusahaan Education Technologi. Dengan sistem maka semua dilakukan secara digital, mulai dari akademik, kepegawaian, dan perkulihan, sehingga memudahkan untuk pelaporan.

Salah satu aplikasi yang digunakan yakni siAkad Cloud, produk unggulan SEVIMA sebagai solusi manajemen akademik terintegrasi yang terlengkap, aman, dan terbukti powerfull dalam memudahkan tata kelola perguruan tinggi dan pelaporan PDDikti. Hanya tinggal satu kali klik.

“Sevima sangat mebantu kami dalam transfotmasi tersebut untuk nantinya akan disinkronkan ke PDDikti,” ujarnya.

Ke depan diharapkan SEVIMA bisa terus melakukan pembaharuan sistem sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi sejalan dengan aturan yang ada di Kemendikbud Ristek.

 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar