7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita | Dunia Kampus • 24 May 2022

Dosen Muda, Ini 5 Tips Mengajar Yang Efektif dan Ideal 

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM– Memang benar, menjadi seorang pengajar tidak hanya dibutuhkan skill dan kepandaian saja. Namun setiap pengajar juga harus memperhatikan strategi yang tepat agar proses penyampaian materi tersebut bisa disampaikan dengan baik. 

Apalagi saat ini pengembangan ilmu pengetahuan sangatlah luas. Banyak ilmu dan pengalaman baru yang harus dipelajari dosen agar bisa disebarluaskan kepada mahasiswanya. Untuk itulah, sepintar apapun dosen tersebut, harus siap untuk mempelajari metode pembelajaran yang paling cocok untuk mahasiswa mereka. 

Lalu, bagaimana sih cara yang tepat agar dosen bisa mengajar dengan sangat mudah? Apa saja yang harus dilakukan dan dipenuhi dosen agar seluruh informasi materi tersebut bisa diterima baik oleh setiap mahasiswa? Penasaran ya, mari simak dulu ulasan di bawah ini. 

Baca juga: SEVIMA EdLink Mengubah Pandangan Dosen Tentang Kuliah Daring

Tips Mengajar untuk Dosen Muda

1. Memiliki metode mengajar yang mampu membangkitkan semangat belajar mahasiswa

Sebagai dosen muda saat mengajar mahasiswa memang sedikit canggung. Hal itu sebenarnya adalah wajar, mengingat jam terbang seorang dosen mudah belum terlalu banyak. 

Agar mengajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan, Anda bisa menarik perhatian mahasiswa dengan memberikan stimulus saat mengajar. Salah satunya dengan menyelipkan humor di sela-sela perkuliahan. Ini merupakan salah satu cara agar mahasiswa tidak bosan dengan materi perkuliahan tersebut. 

2. Punya keahlian berkomunikasi yang jelas

Bukan dosen namanya jika tidak punya kemampuan berkomunikasi yang baik. Yah, seorang dosen harus memiliki komunikasi yang baik dan jelas kepada para mahasiswanya. 

Komunikasi ini akan mempermudah mahasiswa lebih mendalami materi yang disampaikan dosen. Tak hanya itu saja, ketika dosen memiliki kemampuan komunikasi yang tepat, maka dosen akan lebih mudah menyelesaikan materi pembelajaran tersebut. 

3. Wajib menguasai materi yang disampaikan

Dosen di dalam kelas tak hanya menyampaikan materi yang ada saja. Namun, dosen harus menguasai materi yang telah disampaikan tersebut. Ketika dosen mampu menguasai materi yang diujikan tersebut, berarti dosen bisa lebih siap dalam melakukan diskusi dan sharing pengetahuan. 

4. Mampu mengorganisir segala perkuliahan

Selain mampu menguasai materi perkuliahan, dosen juga harus pintar-pintar dalam mengorganisir segala perkuliahan dengan baik. Kira-kira apa saja yang harus diorganisir oleh seorang dosen? Tentunya banyak banget nih yang harus diorganisir oleh dosen, yaitu tujuan perkuliahan, bibliografi tugas, laporan laboratorium, jadwal tes, penelitian, jadwal konsultasi, dan masih banyak lagi. 

5. Memiliki semangat mengajar yang tinggi

Mengajar saja tanpa diiringi dengan semangat yang membara sama saja percuma. Makanya dosen juga harus memiliki semangat mengajar yang tinggi agar setiap materi yang disampaikan oleh seorang dosen bisa diresapi dengan baik oleh mahasiswanya. 

Baca juga: 5 Pengembangan Karir Dosen di Indonesia

Nah, itulah beberapa hal yang kiranya sangat penting untuk dilakukan seorang dosen. Anda bisa melakukan beberapa hal tersebut untuk menyambut mahasiswa di hadapan Anda. dengan begitu, seluruh materi yang akan disampaikan oleh dosen bisa berjalan dengan baik dan lancar. Selamat mencoba!

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×