e-learning | EdLink

SEVIMA EdLink Mengubah Pandangan Dosen Tentang Kuliah Daring

SEVIMA.COM – Penggunaan pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama empat semester lebih. Seperti kampus yang lain, IAIN Parepare juga memberlakukan perkuliahan daring dengan memanfaatkan platform SEVIMA EdLink.

Melalui wawancara singkat dengan salah dosen Bahasa Inggris yang sudah mengajar selama 24 tahun di IAIN Pare-pare, menceritakan hasil penelitiannya tentang  kuliah online menggunakan SEVIMA Edlink yang diberlakukan di kampusnya. 

“Saya melakukan survei dan diskusi bersama para dosen di lingkup Prodi Bahasa Inggris IAIN Parepare. Hasilnya, rata-rata dosen merasa nyaman dengan perkuliahan online. Jadi ada perubahan sikap dosen terhadap perkuliahan online ini.” Ungkap Ibu Nur kepada SEVIMA (Kamis, 24/22).

Dosen dan mahasiswa juga merasa bahwa kuliah online lebih membantu proses perkuliahan. Apalagi jarak jauh, yang memudahkan aktivitas dosen dan mahasiswa/i ketika harus multi tasking.

“Karena dosen merasakan kemudahan ketika perkuliahan online dengan SEVIMA EdLink. Dari rumah saja, pembelajaran bisa selesai dan pekerjaan rumah juga selesai. So, we needn’t go to campus, it’s easy.” Lanjut Nur

Baca juga : SEVIMA EdLink, Aplikasi LMS Terbaik Karya Anak Bangsa

Bagaimana Nasib Perkuliahan Online Setelah Covid Menjadi Endemi?

Dalam kesempatan yang sama, IAIN Parepare juga menanyakan terkait bagaimana antisipasi SEVIMA EdLink jika Covid sudah menjadi Endemi nantinya. “Apa yang dilakukan oleh TIM SEVIMA?” Tanya Ibu Nur kepada Sugianto Halim selaku CEO SEVIMA.

Halim mengungkapkan ada beberapa hal yang dipersiapkan SEVIMA untuk membantu para dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan online di masa new normal, atau ketika Covid sudah menjadi Endemi nantinya. 

“Kami telah menyiapkan beberapa modul yang siap menunjang pembelajaran hybrid antara online dan luring. Diantaranya, fitur pengawasan ujian online (proctoring online) yaitu solusi untuk meminimalisir kecurangan dalam ujian dengan memanfaatkan kamera HP atau laptop”. Jelasnya

Selain itu, di SEVIMA EdLink juga telah mengembangkan fitur “Kelas Merdeka”, fitur yang mendukung program pemerintah yaitu Kampus Merdeka (MBKM).

“Di SEVIMA EdLink juga sudah tersedia fitur kelas merdeka yang dapat membantu kampus untuk melakukan program kampus merdeka (MBKM). Nantinya, kelas merdeka ini dapat  dimanfaatkan para mahasiswa yang ingin mengikuti perkuliahan di luar prodinya.” terang Halim.

Baca juga : Terbukti! SEVIMA EdLink Tingkatkan Minat Belajar di Tengah Pandemi Covid-19

Selain bermanfaat untuk mahasiswa, juga bermanfaat untuk dosen. Karena dosen dapat membuka perkuliahan yang berbayar maupun gratis di kelas merdeka ini, sehingga membuat dosen dapat menyalurkan ilmunya ke banyak mahasiswa.

Sebenarnya, beberapa waktu lalu Presiden Jokowi sendiri telah mengungkapkan kalau pembelajaran daring ini bukan lagi new normal, tapi sudah menjadi next normal. Senada, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim juga memprediksi bahwa perkuliahan online akan menjadi permanen di pendidikan tinggi.

SEVIMA berharap penggunaan SEVIMA EdLink di IAIN Parepare yang berhasil ini, bisa menjadi contoh untuk perguruan tinggi yang lain. Selain itu, SEVIMA EdLink  juga sudah siap menjadi platform yang mendukung pembelajaran blended learning kampus, apabila Covid menjadi endemi nantinya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar