support@sevima.com

 +62 31 8722719


Teknologi 

Framework HTML 5 Ditunggu- tunggu Pengembang Game Aplikasi

 

adminweb

 

29 Oktober 2012

SEVIMA.COM – Hadirnya HTML5 dianggap mampu membawa angin segar bagi para pengembang aplikasi karena faktor multi platformnya. Tidak hanya dapat berjalan di web saja, HTML5 juga dapat dijalankan di perangkat bergerak seperti smartphone hingga tablet. Juga bukan hanya berlaku bagi pengembang aplikasi saja, tetapi juga termasuk pengembang game. Sudah banyak sekali bermunculan HTML5 engine yang mendukung proses pengembangan aplikasi gamebaik di web maupun perangkat bergerak.

Saya menemukan setidaknya 50 lebih engine HTML5 untuk pengembagan aplikasi game. Mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. Dari yang mendukung fitur 3D, webGL dan lain sebagainya. Berikut adalah 5 engine HTML5 yang menurut saya layak anda coba dan pelajari.

ImpactJS

http://www.teknojurnal.com/wp-content/uploads/2012/03/Screen-Shot-2012-03-25-at-11.59.16-PM.png

ImpactJS adalah engine HTML5 yang berbayar. Cukup mahal memang biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan engine ini, yaitu sebesar $99. Impactjs sendiri fokus bagi pengembangan aplikasi game 2D. ImpactJS juga bekerja sama dengan AppMobi XDK untuk memudahkan para pengembang dalam urusan environtment pengembangan. ImpactJS juga memiliki fitu multiplayeryang menurut saya membuat harga $99 menjadi cukup wajar. Berikut adalah beberapa demo aplikasi game yang dibuat menggunakan ImpactJS : Biolab Disaster, Z-Type , Creatures and Castles, Steamclash dan Private Joe

LimeJS

http://www.teknojurnal.com/wp-content/uploads/2012/03/Screen-Shot-2012-03-26-at-12.42.58-AM.png

Sama seperti yang lainnya, limejs adalah framework HTML5 yang memiliki keunggulan di perangkat layar sentuh. Mereka fokus untuk membantu para pengembang memaksimalkan layar sentuh untuk sebuah game. Limejs sendiri saat ini tersedia gratis. Berikut adalah beberapa contoh dari game HTML5 yang dibuat menggunakan limeJS : Roundball dan Zlizer.

Crafty

Crafty

Crafty menawarkan kemudahan bagi para pengembang game HTML5 dalam urusan animasi. Crafty juga memberikan kemudahan untuk diimplementasikan di perangkat layar sentuh seperti iPad, Android tablet, hingga BlackBerry Playbook. Sampai saat ini Crafty masih tersedia gratis dan masih terus dalam tahap pengembangan. Berikut beberapa contoh game HTML5 menggunakan Crafty : Cron dan Code Commander.

Sebenarnya masih banyak lagi framework yang bisa dipelajari dan tidak kalah menariknya dengan 5 contoh di atas. Jadi bagi para penggiat HTML5 dan tertarik membuat produk aplikasi game HTML5 baik di perangkat bergerak maupun berbasis web, saya rasa saat ini prosesnya sudah sangat terbantu dengan adanya banyak framework HTML5 ini. Jadi selamat mencoba !!

SEVIMA: Take IT Easy

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami