support@sevima.com

 +62 31 8722719


Success story 

Genjot Perbaikan Data Sekolah Tinggi, BPSDM Perhubungan Gandeng SEVIMA

 

adminweb

 

30 Mei 2018

SEVIMA.CO.ID – Kementerian Perhubungan terbilang agresif dalam memperbaiki kualitas sekolah tinggi di bawahnya. Melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, kementrian perhubungan genjot kualitas sekolah tinggi. Salah satu aksi nyata Kemenhub adalah melalui perbaikan data dan pelayanan yang ada di beberapa sekolah tinggi dan badan diklat. Tentu orientasi atau tujuan akhirnya adalah peningkatan pelayanan publik yang jauh lebih baik.

Ini sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumardi, yang menginginkan semua sekolah yang berada di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan bisa menjadi universitas berkelas dunia, sehingga alumninya makin bisa di sejajarkan dan bersaing di pasar internasional.

Awalnya, kerjasama ini bermula ketika SEVIMA diperacaya oleh BPSDM Perhubungan untuk mengembangkan Sistem Infromasi Akademik dan perbaikan data di lingkungan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi. STTD sendiri merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat.

Saat itu SEVIMA memenangkan lelang atau tender yang diselenggarakan STTD Bekasi dibawah arahan Dephub (Departmen Perhubungan) pada tanggal 22 September 2016, sehingga SEVIMA mendapatkan kepercayaan penuh dari STTD Bekasi untuk mengembangkan Aplikasi Sistem Informasi Akademik STTD Bekasi. http://siakad.dephub.go.id/

Siakad Kemenhub

Sistem Informasi Akdemik BPSDM Perhubungan: http://siakad.dephub.go.id/

Karena melihat keberhasilan implementasi sistem dan data yang dihasilkan STTD Bekasi bagus dan valid, akhirnya Kementrian Perhubungan memiliki keinginan untuk diterapkan di seluruh sekolah tinggi di bawah BPSDM Perhubungan, namun sayangnya 18 Sekolah tinggi yang berada dibawah naungan BPSDM Departemen Perhubungan saat ini mempunyai aplikasi manajemen sendiri-sendiri dan tidak terintegrasi karena setiap sekolah tinggi mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

Dan akhirnya BPSDM Perhubungan mengumpulkan sekitar 12 Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademik Teknik yang berada di bawah naungannya serta mengundang SEVIMA untuk membahas progam penataan dan penguatan data yang valid di beberapa sekolah tinggi, sehingga BPSDM bisa langsung memantau seluruh data yang ada di sekolah tinggi dibawahnya.

kemenhub 2

Pendampingan Tim SEVIMA di BPSDM Perhubungan

Pimpinan mengiingkan pengembangan sebuah Sistem Informasi teritegrasi dan terpusat yang mampu memenuhi kebutuhan semua sekolah tinggi atau perguruan tinggi, namun itu sangat sulit dilakukan karena butuh resource dan waktu yang panjang. SEVIMA memberikan solusi untuk dilakukannya pembuatan sistem sinkronisasi antar sistem-sistem yang ada di masing perguruan tinggi dengan Kementrian seperti sistem PDDikti (Feeder/ Integrator, Sync dan Forlap).

Dan saat ini 12 Sekolah Tinggi setuju untuk melakukan migrasi data untuk memulai perbaikan Data. Beberapa sekolah tinggi itu diantaranya adalah: 1. Sekolah Tinggi Transportasi Darat Bekasi 2. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta 3. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug 4. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal 5. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang 6. Politeknik Ilmu Pelayaran Makasar 7. Politeknik Pelayaran Surabaya 8. Politeknik Pelayaran Sumatra Barat 9. Politeknik Penerbangan Surabaya 10. Akademik Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan 11. Akademik Teknik dan Keselamatan Penerbangan Makasar 12. Akademik Perkeretaapian Indonesia Madiun.

Perbaikan data bukan hanya dapat digunakan oleh BPSDM untuk memantau data yang ada di sekolah tinggi dibawahnya, namun juga dapat digunakan untuk pelaporan ke Forlap PDDIKTI. Jadi seluruh Sekolah Tinggi dibawah BPSDM perhubungan tidak perlu khawatir soal pelaporan ke PDDIkti, karena datanya sudah sesuai dengan format untuk keperluan pelaporan PDDIKTI.

SEVIMA Take IT Easy

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami