7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 12 Jul 2023

Hadapi Perkembangan Zaman, Sekolah Tinggi Masjid Agung Sunan Ampel Digitalisasi Pendidikan Pesantren

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab dan Dakwah Masjid Agung Sunan Ampel (STIBADA MASA), sebagai pesantren besar di Surabaya Jawa Timur, memiliki tujuan mulia saat didirikan. Yakni mengembangkan dakwah Sunan Ampel. Era modern menuntut dakwah tidak lagi hanya dilakukan secara tradisional, tapi juga lewat teknologi dan berbagai media digital terkini.

Hal ini diungkapkan Ketua STIBADA MASA, Lili Musyafa’ah, S.Pd., M.Pd, sebagai alasan pihaknya dalam melakukan digitalisasi pendidikan pesantren. Lulusan yang profesional danmemiliki pemahaman yang baik terhadap agama Islam, serta adaptif dengan perkembangan zaman, hanya bisa dicapai dengan melakukan digitalisasi kampus. Untuk mewujudkan digitalisasi, STIBADA MASA akhirnya menggandeng SEVIMA.

“Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama dengan SEVIMA ini kami menjadikan lebih bermutu, lebih profesional dalam pelaporan mahasiswa kami yang akan menjadi generasi penerus bangsa ini,” kata Lili dalam Seminar Digitalisasi Pesantren di Kantor SEVIMA, Rabu (12/07).

Digitalisasi di Semua Lini Pesantren

Lili menambahkan saat ini di kampusnya baru ada satu program studi yakni Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Kendati demikian selain mendapatkan materi akademik, mahasiswa STIBADA MASA juga mendapatkan pengalaman berbisnis. Terkhusus bagi mahasiswa yang tinggal di asrama kampus. Bisnis yang dikembangkan pun beraneka ragam, mulai dari wirausaha hingga kantin dan toko.

Melalui digitalisasi pesantren, pengetahuan dan pengalaman terkait IT akan ditambahkan kepada para dosen dan santri. “Di STIBADA MASA ada puluhan anak yang mondok sekaligus berkuliah dan mengembangkan bisnis. Mereka-mereka ini yang nantinya akan belajar memanfaatkan IT bersama SEVIMA,” ungkap Lili.

Melalui kerjasama dengan SEVIMA, STIBADA MASA akan menggunakan Sistem Akademik berbasis Software as a Service (SaaS) yang dikembangkan SEVIMA, yaitu “SEVIMA Platform”. Aplikasi ini akan digunakan untuk proses penerimaan mahasiswa, pembayaran kuliah, pembelajaran agama secara online, akreditasi, penerbitan ijazah, hingga pelaporan data kampus kepada pemerintah. Dengan SEVIMA Platform, semua proses tersebut bisa berlangsung dengan serba otomatis dan saling terintegrasi.

“Fasilitas ini dapat diakses oleh para santri secara luas. Tidak harus menggunakan laptop, bisa juga menggunakan handphone,” ungkap Lili.

STIBADA MASA juga memiliki program beasiswa khusus bagi para tahfidz Alquran. Bagi mahasiswa yang memiliki hafalan 15 juz akan mendapatkan beasiswa dari kampus. Lili berharap bahwa lulusan pesantren yang dipimpinnnya nanti tak hanya mahir dalam ilmu agama, tapi juga menguasai teknologi dan dapat menyebarluaskan dakwah Islam dan Sunan Ampel secara lebih luas lagi.

“Dengan mengajarkan nilai-nilai luhur Sunan Ampel kepada para mahasiswa dan skill digital, STIBADA MASA berharap lulusan mereka dapat menjadi penerus bangsa yang baik,” pungkas Lili.

 

Penulis: Ilham

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×